Selain DPR RI Sidak TKA ke PLTU  Tj Kasam Batam,‎ Disarankan Sidak Juga ke Sini – WartaKepri.co.id
11 views

Selain DPR RI Sidak TKA ke PLTU  Tj Kasam Batam,‎ Disarankan Sidak Juga ke Sini

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Setelah melakukan pertemuan dengan Pemko Batam, rombongan Komisi IX DPR RI melanjutkan dengan kunjungan beberapa perusahaan di Batam.
Dalam kunjungan itu, ‎Komisi IX DPR RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjungkasam Punggur, Kecamatan Nongsa Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (22/7/2016).‎
Di PLTU ini, dari 400 orang jumlah pekerja yang ada di PLTU Tanjungkasam, terdapat sekitar 200 orang TKA yang bekerja di kawasan tersebut. 
 
Bahkan dari jumlah itu, juga termasuk pekerja asing asal Tiongkok China yang bekerja sebagai ahli perawatan dan permesinan.
Kendati demikian, mengenai data jumlah TKA di PLTU tersebut, pihak perusahaan menyuguhkan data yang berbeda pada saat sidak berlangsung.
Seperti yang dikatakan oleh Accounting PT China Huadian, Jeni yang menyampaikan bahwa sebanyak 50 banding 50 orang jumlah perbandingan TKA dengan pekerja Indonesia di PLTU Tanjungkasam.‎
‎”Jumlahnya adalah 50 banding 50, sebanyak itulah yang saya ketahui,” ujar Jeni ketika ngobrol dengan anggota Komisi IX DPR RI.
Sementara itu, perbedaan jumlah juga turut diterangkan oleh HRD PT China Huadian yang mengatakan 3 banding 1 perbandingan jumlah pekerjanya.
“Disini kami udah bisa lihat perbedaan pernyataan yang tak jelas diungkapkan oleh pihak perusahaan oleh sebab itu kita lakukan pemanggilan,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ermalena.
Terjadinya pernyataan perbedaan jumlah perbandingan itu, menimbulkan perdebatan dalam suasana sidak tersebut. Selanjutnya, jumlah diralat yang disebabkan pekerja di PLTU sama sekali tidak mengetahui tentang persoalan jumlah TKA dari Tiongkok.‎
Terlepas dari sidak ke Tanjung Kasam, yang juga perusahaan investasi asal Tiongkok, kehadiran anggota DPR RI, memancing sejumlah informasi, bahwa di wilayah Sagulung ada perusahaan asing‎.
Berdasarkan informasi WartaKepri.co.id terima, ada sebuah perusahaan asing di Sagulung Batam mempekerjakan TKA China. ‎Pesan itu ditujukan ke anggota dewan untuk melakukan sidak.
‎Berikut pesan BBM yang diterima.    “PT. CCCII (CCCI Group) lokasi ex PT. BBS di Sagulung Batam, terkait merambahnya TKA Cina.‎ Menurut keterangan Pandu staf HRD perusahaan kpd Ketua LSM ada sekitar 20-an TKA asal Tiongkok yang sdh bekerja sejak bulan April 2016″ 
Dalam pandangan redaksi WartaKepri, Informasi ini tentu bisa menjadi pertimbangan ‎bagi dewan Batam melanjutkan sidak. Karena, anggota DPR RI dimungkinkan, Sabtu (23/7/2016) sudah tidak di Batam. ( Ichsan/dedy swd)

Pendapat Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI
WIRARAJA


PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA