Ketua PKK Natuna Ajak Warga Hidup Sehat di Lingkungan Keluarga

186
PKK Natuna

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Ketua Tim Penggerak PKK beserta Tim Penilai PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) melakukan kunjungan penilaian PHBS Kabupaten Natuna di Desa Batubi Kecamatan Bunguran Batubi, awal September 2016 lalu.

Dalam kesempatan tersebut rombongan meninjau Posyandu desa Bunguran Batubi, dimana kader Posyandu yang ada memiliki kemampuan pelayanan sangat baik, kelengkapan sarana pelayanan, baik timbangan, tempat tidur serta berbagai papan informasi dan data bersifat administratif tergolong cukup lengkap.

Oleh karenanya Ketua PKK akan segera menurunkan tim untuk mendukung pembenahan dan persiapan menjadi Posyandu Percontohan di Kabupaten Natuna.

Menurut Ketua Tim Penilai, dr. H. Syamsurizal disela kegiatan menyampaikan bahwa Penilaian PHBS ini lebih ditekankan pada proses merubah kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat baik dalam keluarga maupun lingkungan sekitar.

Hal ini menjadi keniscayaan mengingat taraf kesehatan yang dilihat dari angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi masih sangat tinggi.

Oleh karenanya seluruh masyarakat harus memberikan dukungan untuk menerapkan PHBS baik dilingkup keluarga maupun lingkunan sekitar agar kedepan kualitas kesehatan dapat meningkat dan akan berimbas pada peningkatan hasil pembangunan secara keseluruhan.

Untuk mendukung proses tersebut, Kader PHBS melakukan beberapa upaya, diantaranya mensosialisasikan pentingnya keberadaan sarana sistem sanitasi yang sampai saat ini sudah mencapai 90 persen rumah warga tersedia sistem sanitasi kategori baik.

Kegiatan diselenggarakan bekerjasama dengan Pihak Pemerintah Desa diantaranya gotong royong yang dilakukan secara berkala, membuat saung lokasi merokok (smoking area) serta pengelolaan sampah.

Namun disadari bahwa kekhawatiran saat ini adalah pencegahan dari penyakit ispa yang mengganggu sistem pernapasan manusia mengingat kondisi infrastruktur jalan yang masih belum memadai, kesadaran masyarakat untuk memakai masker yang masih rendah dan kesadaran merokok didalam rumah/ruangan.

Selain itu, saat ini Kader PHBS juga telah melakukan sosialisasi yang mendapat dukungan penuh dari beberapa sekolah di Desa Batubi terkait penerapan budaya cuci tangan pakai sabun dan selalu mengkonsumsi makanan bergizi yang bekerjasama dengan kader posyandu dan tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Bunguran Batubi.

Hj.Nurhayati Hamid Rizal,BA.menghimbau seluruh masyarakat di kecamatan di Natuna diimbau, untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari Menjaga Lingkungan Rumah agar Bersih.

“Kita harapkan, hasil dari agenda tersebut tidak hanya sebatas penilaian saja.Tetapi, bagaimana masyarakat dapat menerapkan perubahan perilaku hidup sehat, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” terangnya.(humaskab/rikyrinovsk)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel