BPOM Kepri Musnahkan ‎Ribuan Obat dan Suplemen asal China dan Vietnam

575

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepri di Kota Batam, yang dihadiri oleh Dinas Kesehatan, Kejaksaan, Instansi Pemerintah dan Pelaku Usaha, kembali melakukan pemusnahan temuan/sitaan berupa produk ilegal dan mengandung bahan berbahaya. Senin, (19/12/2016).

Produk yang berupa makanan, obat-obatan (Suplemen, obat tradisional, obat keras tipe G,) dan kosmetik, dengan total 2.137 jenis atau 65.473 buah yang mana merupakan temuan hasil pengawasan BPOM dalam periode Juni 2015 sampai Oktober 2016.

Kepala Balai POM Batam, Drs. Yulius Sacramento T, mengatakan,  Daerah kepulauan Riau yang berbatasan langsung antar negara, berpotensi cukup besar masuknya produk ilegal dan berbahaya yang berasal dari negara-negara tetangga, China, Vietnam dan lainnya, yang merupakan ancaman serius bagi masyarakat.

Banyak kegiatan analisis badan kesehatan dunia, permasalahan yang disebabkan oleh produk-produk ilegal dan berbahaya tersebut sangat beresiko bagi kesehatan dan sumber daya manusia, terutama pada generasi muda di mana pada masa produktif akan menjadi konsumtif akibat dari penyakit yang ditimbulkan produk tersebut, ujarnya.

Untuk itu BPOM terus berkomitmen mewujudkan masyarakat yang sehat dengan mengawal peredaran produk makanan dan obat-obatan serta memberikan sanksi tegas kepada pelaku usaha yang memproduksi/mengedarkan produk ilegal dan berbahaya.

Pemusnahan produk makanan dan obat-obatan secara simbolik di lakukan dihalaman gedung BPOM Batam, selanjutnya keseluruhan produk ilegal dan berbahaya akan dimusnahkan secara permanen di kawasan pengolahan limbah industri, Kabil – Batam. (Andi Pratama)

Honda Capella