Masing Masing Walikota Tanam Pohon Khas Daerah di Madrasah Cendekia Nongsa

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Sebanyak 23 walikota di wilayah Sumatera mengikuti Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakor Komwil I Apeksi) tahun 2017 di Batam. Kegiatan berlangsung tiga hari, Rabu-Jumat (19-21/4/2017).

Rangkaian acara dibuka dengan penanaman pohon di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Batam di Nongsa. Tiap kota menyumbangkan satu tanaman khasnya untuk ditanam di lingkungan sekolah.

” Kalau saya tadi tanam Pohon Andalas, hadiah dari Walikota Padang sebagai Ketua Komwil Sumatera,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi di Nongsa, Rabu (19/4/2017).

Sementara Walikota Tanjungpinang menanam pohon Pinang. Tanaman lain yang dibawa di acara ini adalah durian khas Dumai-Riau, kayu kapur atau kamper singkil dari Subulussalam-Aceh, pohon Putat dari Tanjungbalai, pohon jeruk dari Pematang Siantar, manggis Medan, dan Mangga Sibolga-Sumatera Utara.

Walikota Pariaman-Sumatera Barat menanam pokok Salam, Padangpanjang pohon Andalas dan Surian, serta Binjai-Sumatera Utara pohon Rambutan.

Usai penanaman pohon, malam harinya dilanjutkan dengan acara makan malam bersama atau welcome dinner di Hotel Radisson, Sukajadi. Pada acara ramah tamah ini ditampilkan berbagai kesenian dari perwakilan beberapa kota.

Seperti dzikir barat atau dzikir bermadah dari Batam. Kemudian kesenian daerah persembahan Pemko Padang dan Pemko Medan.

Kegiatan rapat koordinasi berlangsung pada Kamis (20/4) di Hotel Radisson, dengan pembicara kunci dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sementara pembahasan yang dilakukan seputar program kerja 2018, rekomendasi Komwil I untuk munas Juli mendatang, dan penetapan lokasi rakor berikutnya.

Dan rangkaian acara ditutup dengan mengunjungi lokasi wisata di Batam. Seperti berkeliling pulau kawasan Rempang-Galang menggunakan kapal pesiar pada Kamis sore. Serta keliling Kota Batam (city tour) untuk wisata belanja.(mcbatam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG