Wow… Walikota Cup Total Hadiah Rp 60 Juta

Wartakepri, Perlombaan Jong dilepas Walikota Batam Muhammad Rudi
Wartakepri, Perlombaan Jong dilepas Walikota Batam Muhammad Rudi
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Perlombaan Jong di Pantai Tanjung Mak Dare Batubesar Nongsa dibuka Walikota Batam dengan melepaskan tempakan ke udara sebagai tanda di mulainya perlombaan.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, saat ini Batam sedang kembangkan pariwisata, dan Jong yang merupakan permainan rakyat, berpotensi dikembangkan sebagai objek wisata.

“Tahun ini kita jadikan piala Walikota Cup. Karena kita lagi mensosialisasikan Batam kota pariwisata. Maka salah satu kegiatannya adalah lomba jong,” kata Rudi.

Ia akui pelaksanaan Lomba Jong Walikota Cup pertama ini belum sempurna. Namun ke depannya akan dilakukan perbaikan-perbaikan, bukan hanya kegiatan tapi juga dari segi tempat pelaksanaan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Batam, Hendriana Gustini mengatakan Lomba Jong ini sebenarnya sudah digelar sejak 16 tahun lalu. Namun baru tahun ini digelar dengan Piala Bergilir Walikota Cup.

“Jong ini merupakan olahraga masyarakat, budaya masyarakat pesisir. Sudah dilaksanakan bertahun-tahun tiap musim (angin) utara,” kata dia.

Lomba digelar tiga hari, 23-25 Februari dengan jumlah peserta 1.855 jong. Terdiri dari 570 jong besar, 616 jong sedang, 569 jong kecil, dan 100 jong dengan peserta anak-anak.

Peserta berasal dari Batam dan luar Batam. Tak hanya kabupaten/kota di Kepulauan Riau dan Riau, seperti Karimun dan Pelalawan, dua peserta bahkan datang dari Johor Malaysia.

“Sesuai tujuan kegiatan ini, menjaga dan melestarikan budaya melayu, mempertahankan budaya permainan jong, dan memperkenalkan jong pada turis,” tutur mantan Camat Sekupang ini.

Hasyim, peserta dari Moro Karimun mengaku sudah beberapa kali mengikuti lomba Jong di Nongsa ini. Bahkan pada perlombaan 2015 lalu ia sempat sampai ke babak final meski kalah pada akhirnya.

“Kami dari Moro ramai-ramai. Ada 300 orang. Jongnya kami buat sendiri. Sekitar dua minggu buatnya, pakai kayu pulai yang ringan,” sebutnya.

Adapun total hadiah yang diperebutkan pada Lomba Jong Walikota Cup ini adalah Rp 60 juta.

 

Sumber : Media Center Batam

Foto        : Istimewa/net

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG