Siswa-Siswi MAN IC Batam Juara Umum di Lomba Lensa Paradigma Polibatam 2022

Lomba Lensa Paradigma 2022 Polibatam 2

HARRIS BARELANG

BATAM – Siswa Siswa MAN IC Batam berhasil menjadi juara pertama dalam tiga kategori lomba Lensa Paradigma 2022 yang digelar oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Politeknik Negeri Batam ( Polibatam ) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Kepri. Siswa MAN IC juara di loba kategori Debat, Reporting, dan Esai.

Pengumuman pemenang dilakukan dalam acara puncak yang digelar di Ruang Serbaguna Politeknik Negeri Batam, Batam Center, Batam, Minggu (16/10/2022) siang.

Sebelum pengumuman pemenang acara diisi dengan ngobrol bareng Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim. Di mana Candra mengulas sekelumit tentang dunia jurnalistik dan berbagi ilmu jurnalistik kepada siswa SMA, SMK, MAN, dan mahasiswa yang hadir di acara tersebut.

Menurut Candra, ilmu jurnalistik dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bagi pelajar dan mahasiswa. Karena seorang jurnalis dituntut untuk menyerap berbagai informasi, sehingga harus memperbanyak literasi.

“Artinya harus banyak membaca. Begitu juga dengan adik-adik, dengan banyak membaca tentu akan memperkaya pengetahuan,” kata Candra.

Kemudian, seorang jurnalistik, selain harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi, juga harus mengolah informasi dengan baik. Kemudian barulah menuliskannya menjadi sebuah tulisan.

“Meski tidak menjadi wartawan, bila hal-hal ini diterapkan dalam keseharian tentu akan membantu dalam tugas-tugas di sekolah atau kampus,” kata Candra lagi.

Candra juga bercerita perkembangan teknologi saat ini juga berdampak pada semua lini kehidupan termasuk media massa. Dulunya, masyarakat hanya mengenal koran, tivi, radio, kini bertambah menjadi media online. Tak hanya masyarakat, pelaku pers pun kini dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman tersebut.

“Sekarang dalam hitungan menit saja, sebuah berita sudah diterima oleh masyarakat,” ungkapnya.

Candra juga menjawab pertanyaan terkait banyaknya berita bohong atau hoaks yang beredar di media sosial. Hal, itu kata Candra memang menjadi tugas bersama dalam menyikapi fenomena tersebut. Dengan menyaring informasi yang masuk tanpa menelan mentah-mentah adalah cara yang baik untuk menangkalnya. Apalagi di media sosial orang dengan bebas mengepresikan diri, dan bahkan melanggar etika serta norma kesusilaan.

“Di situlah bedanya media, yang bekerja dengan Kode Etik Jurnalistik. Dalam menyajikan berita harus memenuhi unsur berita, serta aturan lainnya. Contohnya, berita kecelakaan. Di media sosial kita sering melihat video-video kecelakaan begitu mengerikan diupload begitu saja. Sedangkan di media itu tak bisa, harus disensor karena telah melanggar kode etik. Selain itu, dalam bekerja pun dilindungi undang-undang,” papar Candra.

Usai Dialog bareng tersebut dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba. Dimana tiga pengurus PWI Kepri, Feri Herianto, Qorry Fitra dan Dedy Suwadha menjadi perwakilan juri dari masing masing lomba.

Tim Juri Lomba Lensa Paradigma 2022 Polibatam
Tim Juri Lomba Lensa Paradigma 2022 Polibatam

Untuk Lomba Video Reporting
Juara 1 diraih oleh Tim MAN Insan Cendekia (IC) Batam, yang beranggotakan Arkham Zaidan Padmanaba, Achmad Sugandi, Siti Alkhaira Haryoedya, dan Dina Alfita Rinanda.

Juara 2 juga diraih Tim MAN IC Batam, yang beranggotakan, Arsyaq Sajidurrahman, Novi Adindah Hidayat, Ghina Fauziyah Putri, dan Restu Illahi.

Juara 3 diraih, SMKN 3 Batam, yang beranggotakan, Samuel Porman Jadutikeba, Dicky Brema Haganta, Dinda Rizqi Amalia, dan Melani Candra Sari.

Untuk Lomba Esai
Juara 1 diraih oleh Katara Alya Ghaida dari MAN IC Batam
Juara 2 Nesya Yosi Putri Syafanah, dari MAN IC Batam,
Juara 3 diraih oleh Agitya Putri Alifia dari MAN 1 Batam.

Sedangkan lomba Debat
Juara 1 diraih pasangan Alyah Ramadhani Harifuddin dan Hasnah Dzakiyyah Balqis dari MAN IC Batam,
Juara 2 juga diraih perwakilan MAN IC Batam, yakni pasangan, Ahmad Nasrullah dan Athaya Ra’uf Al – Albani.

Sementara, Ketua Pelaksana Lensa Paradigma 2022, Muhammad Fadilah, menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut sehingga berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Dia pun mengucapkan terima kasih pada seluruh peserta yang telah ikut berpartisipasi, serta ucapan selamat pada para pemenang.

“Mewakili panitia kami menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah terlibat. Tentu masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraan acara dan akan menjadi pelajaran bagi kita semua,” kata Muhammad Fadilah.

Hal senada juga diutarakan Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa Politeknik Negeri Batam, Andi Nugraha Setiawan.

“Kami sangat berterima kasih pada PWI Kepri untuk bimbingan hingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Ke depan kami tentu berharap bimbingan agar LPM ini bisa berkembang,” harapnya.(ara)

FANINDO

Honda Capella