WKTV: Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo Verifikasi Faktual Media WartaKepri.co.id

Ketua Dewan Pers Verifikasi Faktual WartaKepri.co.id 4 April 2018 (8)





— Verifikasi Faktual Media Penting Agar Tidak di Take Down

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Memanfaatkan kunjungan kerjanya ke Kota Batam, dan akan menjadi narasumber dalam sebuah acara, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, melakukan Verifikasi Faktual empat media Online di Kota Batam, Rabu (4/4/2018). Ke empat media Online tersebut, TribunBatam.id, WartaKepri.co.id dan MediaKepri.co.id. serta Posmetro.co. (Video di bawah berita)

Daftar Media yang Verifikasi Faktual oleh Dewan Pers

” Kebetulan ada kegiatan di Batam pada Kamis (5/4/2018) pagi, maka tim pendataan dan administrasi Dewan Pers menetapkan dan menjadwalkan saya untuk memverikasi sejumlah media yang nama namanya telah terdaftar di web site Dewan Pers. Dan, ternyata ada empat media yang bersedia diverifikasi dari belasan yang namanya telah terdaftar sebelumnya,” jelas Yosep Adi Prasetyo, saat berkunjung dan memverfikasi Faktual Media WartaKepri.co.id.

Dijelaskan Yosep Adi Prasetyo, pentingnya verifikasi media Online sebelum tahun 2019 ini, agar Dewan Pers dapat menaungi mana yang menjadi kategori media online resmi dan mana yang tidak. Karena, proses untuk Take Down Web Site Portal media yang pengelolanya tidak Wartawan Berkompetensi akan mudah dilakukan.

” Kita akan bela setiap media yang dikelola Wartawan dan Media yang telah terverifikasi serta kompeten. Puluhan ribu website yang mengaku ngaku media akan kami rekomendasikan untuk di “Take Down” atau dimatikan. Apalagi menjelang tahun politik,” tegas Yosep Adi ke Redaksi WartaKepri.co.id.

Foto Bersama Setelah Ketua Dewan Pers Verifikasi Faktual WartaKepri.co.id 4 April 2018

Tidak hanya perusahaan pers yang diverifikasi, para awak media pun yakni wartawan sangat perlu diverifikasi melalui sertifikasi.

Untuk mendapatkan sertifikasi wartawan harus mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW).

“Kalau wartawan sudah sertifikasi atau sudah kompeten, Dewan Pers akan melindungi jika terjadi masalah terkait berita. Polisi, tidak bisa langsung memeriksa wartawan. Harus ke Dewan Pers dulu,” katanya.

Hadir mendampingi Verifikasi Faktual Media WartaKepri.co.id perwakilan SPS Kepri Saibansah Dardani. Sedangkan yang menyambut kunjungan verifikasi ini, Pimpinan Redaksi WartaKepri.co.id, Dedy Suwadha, bersama Dewan Redaksi WartaKepri.co.id Novianto, sejumlah awak redaksi, serta Manajemen Bisnis dan Administrasi Desi Mulyani.

” Terimakasih atas kehadiran dan menyatakan media kami terverifikasi. Walau cukup kaget karena pemberitahuaan akan datang hanya dalam waktu sehari kerja. Alhamdulilah semua persyaratan administrasi yang diminta mampu kami perlihatkan dan kami serahkan ke Ketua Dewan Pers. Semoga, dengan proses ini, kehadiran media WartaKepri.co.id di Provinsi Kepri akan menjadi media referensi dan terpecaya bagi pembaca setianya,” kata Dedy Suwadha.(*)

Tulisan/Video: Amrullah

Video Suasana Wawancara saat Verifikasi:



PKP DREAMLAND
FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA