Anak Anda Mau Lulus PPDB 2018 SMA atau SMK di Kepri, Simak dan Catat Aturan Dibawah Ini

PPDB Online SMA 2018

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dalam rangka menjamin pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yang objektif, akuntabel, transparan, tanpa diskriminatif tingkat SMA dan SMK di Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Dengan ini disampaikan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur Daring/ Online dilaksanakan hanya untuk seluruh SMA dan SMK Negeri di Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun, dengan mekanisme sbb :

A. Calon peserta didik lulusan SMP, MTs dan Paket B di 4 (empat) kabupaten/kota tersebut mendapatkan “username” dan “password” untuk PPDB online dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau diberikan melalui SMP/MTs/Paket B asal Peserta Didik yang bersangkutan.

PKP EXPO

B. Calon peserta didik yang berasal dari luar masing-masing 4 (empat) kabupaten/kota tersebut, dan atau lulus sebelum tahun 2018, yang akan
mendaftar melalui jalur DARING/ONLINE dapat memperoleh USERNAME dan
PASSWORD di POSKO PPDB Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau atau
di POSKO PPDB (Sekretariat Pengawas SMA/SMK kabupaten/kota tersebut,
dengan menyerahkan :

1. Fotocopy legalisir dan lembar asli ijazah, SHUN, atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dari SMP/MTs dan Paket B.
2. Surat pindah rayon dari Dinas Pendidikan kota/kabupaten asal.
3. Surat Keterangan domisili dari RT/RW.

C. Usia calon peserta didik baru maksimal 21 tahun pada tanggal 1 juli 2018;

D. Masa pendaftaran PPDB online SMA dimulai tanggal 28 Juni 2018 pukul 08.00 WIB dan ditutup pada tanggal 6 Juli 2018 pukul 24.00 WIB.

E. Masa pendaftaran PPDB online SMK dimulai tanggal 28 Juni 2018 pukul 08.00 WIB dan ditutup pada tanggal 3 Juli 2018 pukul 24.00 WIB.

F. Pelaksanaan Test yang dilakukan di SMK dari tanggal 4 Juli s.d. 6 Juli 2018 di satuan pendidikan masing-masing.

G. Calon Peserta Didik Mendaftar Secara online melalui website : www.ppdbkepri.go.id menggunakan username dan password masing-masing.

H. Calon Peserta Didik mengisi form pendaftaran secara online berupa:

1. data pribadi berupa alamat tempat tinggal ( jika alamat yang diisi ternyata tidak sesuai dengan kartu keluarga/surat keterangan domisili yang ditunjukkan pada saat pendaftaran ulang, maka dinyatakan TIDAK LULUS);

2. bagi yang memiliki prestasi akademik/non akademik tertinggi tingkat kabupaten/kota, Provinsi atau Nasional (dibuktikan dengan file scan /foto sertifikat yang diunggah/upload);

3. bagi yang Hafiz Al-Quran (dibuktikan dengan file scan/foto sertifikat yang diunggah/upload)

4. bagi yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Penerima Program Indonesia Pintar yang dikeluarkan oleh SMP/MTs asal (dibuktikan dengan file scan/foto sertifikat yang diunggah).

5. Memilih 3 pilihan jurusan/peminatan dan sekolah, dengan ketentuan jika pilihan pertama SMA maka pilihan berikutnya harus SMA juga dan jika pilihan pertama SMK maka pilihan berikutnya SMK juga;

I. Calon Peserta Didik memilih jurusan pada SMA sesuai dengan zonasi yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, kecuali untuk jurusan Bahasa dan Budaya bebas zonasi.

J. Calon Peserta Didik yang memilih SMK diberlakukan ketentuan bebas Zonasi.

K. Proses seleksi PPDB dilakukan secara komputerisasi berdasarkan peringkat Nilai Ujian Nasional, dengan mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas daya tampung berdasarkan jarak tempat tinggal ke sekolah tujuan, prestasi akademik dan non akademik, hafiz Al Quran, dan dari keluarga tidak mampu.

L. Jika jumlah nilai UN sama pada batas maksimal daya tampung, maka dilakukan urutan seleksi dengan prioritas nilai mata pelajaran sesuai urutan
1. Matematika,
2. IPA,
3. Bahasa Indonesia dan
4. Bahasa Inggris

M. Proses seleksi PPDB SMK dilakukan secara komputerisasi berdasarkan nilai Ujian Nasional dan hasil test yang dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan, dengan mempertimbangkan prestasi akademik dan non akademik, hafiz Al – Quran dan dari keluarga tidak mampu;

N. Pengumuman Hasil Seleksi secara serentak melalui website PPDB online pada tanggal 9 Juli 2018 Pukul 08.00 WIB.

O. Pendaftaran ulang dilakukan di Sekolah tempat calon Peserta Didik diterima dari tanggal 9 s.d. 10 Juli 2018 pada jam kerja (08.00 s.d. 14.00 WIB.) dengan menunjukkan kepada pantia PPDB di sekolah:

1. Fotocopy legalisir dan lembar asli Ijazah SLTP dan SHUN, atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dari SMP/MTs dan Paket B
2. Fotocoy kartu keluarga / surat keterangan domisili
3. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari sekolah
4. Pasfoto 3×4 hitam putih sebanyak 4 lembar
5. Karu Indonesia Pintar (KIP) atau Surat Keterangan Penerima Program Indonesia Pintar dari sekolah asal (bagi yang memiliki)
6. Sertifikat Prestasi Akademik, non akademik dan sertifikat Hafiz Al Quran (bagi yang memiliki).
7. Fotocopy surat pindah tugas orang tua bagi calon peserta didik yang mengikuti orang tua pindah
8. Bagi calon Peserta Didik yang tidak lulus pada seleksi PPDB online, dapat memilih jurusan dan sekolah yang belum mencukupi daya tampung.(*)

Informasi Diatas Berdasarkan Surat Pemberitahuan Disdik Pemprov Kepri, dan ditandatangani oleh Drs. H. ARIFIN NASIR, M.Si
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24