Kementrian Koperasi Bantu Pelaku Usaha Mikro Batam Puluhan Juta Rupiah

PKP Online

WARTAKEPRI.CO.ID, BATAM – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) memberikan bantuan kepada 16 usaha mikro yang ada di Batam. Bantuan hibah tersebut disalurkan melalui kegiatan Forum Konsultasi Penguatan Peran Koperasi Sebagai Lembaga Pembiayaan Formal bagi Usaha Mikro seluruh Indonesia di Hotel Allium, Kamis (26/7/2018).

Sebanyak 16 usaha mikro dari 36 usaha yang diusulkan ke Kemenkop UKM RI itu masing-masing menerima bantuan sebesar Rp10 hingga 13 juta melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Batam.

Menurut Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM RI, Yuana Sutyowati, pemberian akses pembiayaan dan bantuan modal awal usaha ini merupakan bagian dari program prioritas di bidang pembiayaan dalam rangka pengembangan.

Kata Yuana, langkah ini menjadi suatu komitmen dan keseriusan pihaknya yang bersinergi dengan pemerintah daerah. Disamping itu juga berkat adanya dukungan dari Komisi VI DPR RI untuk mengembangkan serta memberdayakan usaha mikro guna mampu berkembang serta berdaya saing secara mandiri.

“Apalagi Batam ini daerah perbatasan dan kepulauan terluar yang merupakan wilayah prioritas untuk diperhatikan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kemenkop dan UKM tersebut. Menurut dia forum ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM guna memahami sistem yang telah dibuat Kemenkop dan UKM RI.

“Kegiatan ini sangat bagus jika kita ikuti dengan baik,” kata dia.

Suleman berharap melalui forum ini dapat meningkatkan koordinasi, sinkronisasi serta sinergitas dan implementasi program-program Deputi Bidang Pembiayaan. Terutama yang berkaitan dengan penguatan koperasi simpan pinjam (KSP-USP).

Pengamatan di lokasi, kegiatan forum ini
disejalankan dengan penyerahan akses pembiayaan secara simbolis. (taufik)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel