Ikan Tongkol Asap Natuna Laris Manis dan Bisa Jadi Oleh Oleh Khas Natuna



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id NATUNA – Ikan tongkol asap merupakan hasil nelayan tradisional yang laris manis di Kabupaten Natuna dan mulai tersohor di Nusantara.

Kuliner yang primadona di Natuna ini memakai bukan ikan sembarangan, melainkan ikan tongkol yang pengolahannya melalui proses pengasapan satu sampai dua jam untuk mendapatkan hasil ikan asap yang berkualitas baik. 
       
Salah seorang pedagang ikan tongkol asap, Surya ningsih (39) bersama suami Jhon, mengatakan, dalam satu hari bisa menjual 75 hingga 100 ekor ikan tongkol asap.

Ikan asap atau lebih dikenal dengan sebutan ikan simbe itu mereka jual beralamat di Jalan Raya Datok kaya Wan Mohammad Benteng Batu Kapal Ranai Natuna.

“Ikan asap yang kami olah adalah ikan tongkol  pilihan yang kami beli langsung dari nelayan kondisi masih segar kemudian kami bersihkan ikan tersebut barulah disalai dengan menggunakan sabut buah kelapa” ucapnya.Kamis (23/8/2018).

Ia menambahkan, pelanggan ada yang pesan untuk dibawa ke luar kota, seperti Tajung pinang, kalimantan dan jawa.

Dikatakannya, selain harganya ekonomis, rasa ikan tongkol asap gurih, tidak terlalu bau amis, mudah memasaknya, dan tahan lama.

“Alhamdulilah ramai peminat ikan asap tongkol jenis Dabat dan Surat nama pangilan ikan tongkol oleh masyarakat Natuna, umumnya para pembeli sengaja memesan lebih banyak agar bisa bawa ke luar daerah,”sebut Ningsih.

Lanjut Ningsih, waktu lalu pas ada latihan pesawat tempur di Natuna para pilot serta kru sengaja datang ke tempat kami demi menyantap ikan tongkol asap bersama sambal dan lalapan.

Penggemar ikan tongkol asal Natuna, Abdullah bertugas sebagai TNI Natuna mengakui, rasa ikan tongkol asap khas Natuna sangat gurih dan nikmat sehingga setiap pulang kampung ke Jawa selalu memesan.

“Harga ikan tongkol asap masih relatif murah, satu ikan tongkol asap hanya Rp 70 per ekor. Padahal, ikannya cukup besar, selain itu tidak bau amis seperti ikan laut yang lain,”ujarnya.
       
Abdullah menuturkan, setelah sekali membeli pasti ketagihan, seperti keluarga saya di Jawa selalu pesan ikan tongkol asap jika pulang tugas.

Tempat terpisah Mursalim Syah , Manager Unit koperasi mutiara ujung utara Natuna, mengakui, ikan tongkol ada musimnya bisa melimpah, juga ada kalanya sedikit.

Dia menambahkan, ikan tongkol yang didaratkan di Pelabuhan koperasi cukup banyak saat ini, sehingga pedagang ikan tongkol asap mudah mendapatkan bahan baku.

Namun, ikan tongkol asap tersebut ada musimnya, terkadang sulit mendapatkan kalau sedang tidak musim ikan tongkol.

“Ikan togkol umumnya pada musim utara di bulan Oktober sampai januari,hargaya relatif murah karena melimpah namun saat ini cukup sulid jika ada harga cukup mahal per ekornya,”sebut Mursalim.

Nah, kalau berkesempatan melancong ke Natuna. jangan sampai lupa mencoba ikan asap tongkol khas Natuna yang sudah kesohor hingga penjuru ngeri.

Dan, jika dikemas dengan kotak, seperti kuliner ikan Bandeng di Jawa, mungkin akan jadi kuliner khas Natuna, tentu butuh peran investor atau pemerintah.(*)

Rikyrinovsky



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA