Ini Dia Cara Mengatasi Flu Tanpa Obat !

WARTAKEPRI.CO.ID : Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat berbagai penyakit muncul. Salah satu dari penyakit yang paling sering kita temui saat pergantian cuaca ialah batuk dan flu. Flu memiliki ciri-ciri umum seperti batuk, pilek serta bersin-bersin. Yang paling parah, kita bisa saja demam karena flu.

Nah, apa yang seharus nya kita lakukan saat mulai terserang flu? Bila terserang flu, sebaiknya keluarga dapat melakukan hal-hal berikut;

– Minumlah air sebanyak mungkin karena kita akan kehilangan banyak cairan selama demam berlangsung. Tindakan ini juga bisa membantu menurunkan suhu tubuh yang meninggi.

PKP EXPO

–  Banyak istirahat. Berbaringlah di tempat tidur dan jangan melakukan aktivitas apa pun, supaya kondisi tidak memburuk.

–  Berhentilah merokok dan minum alkohol.

–  Hindari kebiasaan menutup tubuh dengan selimut tebal saat demam. Ini bisa mengakibatkan udara tubuh yang panas tidak bisa menguap, sehingga suhu tubuh malah akan naik tinggi. Rasa dingin yang dirasakan akibat panas sedang naik mendadak.

–  Lakukan kompres tidak hanya di kepala karena kontak permukaan kulit terlalu sempit. Langkah terbaik adalah menyeka seluruh tubuh dengan kain basah terus-menerus selama 5-7 menit.

Menguapnya air dari kulit membuat suhu tubuh akan menurun. Biasanya dalam waktu 5-7 menit suhu sudah turun. Sebaiknya tidak menggunakan alkohol untuk kompres karena akan diserap kulit.

–   Di malam hari, cobalah tidur dengan kepala dinaikkan sekitar 8 inci atau 15 cm. Langkah ini mencegah lendir masuk ke bagian bawah tenggorokan, sehingga dapat mencegah terjadinya batuk.

–  Bila dalam seminggu kondisi tidak juga mereda,  sebaiknya memeriksakan diri ke dokter

Virus flu sangat mudah menular lewat batuk, bersin-bersin, dan cairan yang dibatukkan yang mengenai anggota badan orang lain.

Supaya virus ini tidak menyebar dan tidak awet ngendon di tubuh, lakukan kiat ini;

–  Tutup mulut dan hidung dengan sapu tangan atau tisu saat batuk atau bersin.

Jika tak ada tisu atau sapu tangan, gunakan lengan baju bagian atas untuk menutupinya dan bukan dengan tangan.

–  Buang tisu setelah menggunakannya. Jangan digunakan berkali-kali. Demikian juga dengan sapu tangan. Gantilah sesering mungkin.

–  Setelah bersin, cuci tangan dengan sabun dan air atau alkohol, atau pembersih tangan yang sudah banyak beredar di pasaran.

–  Jika perlu, gunakan masker supaya virus tidak menular ke orang lain.

Nah, itu dia cara mengatasi flu. Semoga kita semua terhindar dari segalam macam jenis penyakit ya!

 

Dilansir melalui : Nakita.grid.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24