Berkunjung ke Bupati Banyuwangi, Rombongan Pemkab Lingga Takjub Sistem Pelayanan di Kantor Desa

Berkunjung ke Bupati Banyuwangi, Rombongan Pemkab Lingga Takjub Sistem Pelayanan di Kantor Desa
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.CO.ID, LINGGA – Rombongan Pemerintah Kabupaten Lingga yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah HM. Juramadi Esram, Inspektur Daerah H. Asward, Kepala BPKAD H. Azet, Kabid pada Badan Perencanaan. Di kantor Bupati Banyuwangi rombongan kembali dibuat takjub karena ternyata ruang tamu penyambutan semua tamu yang datang adalah di sebuah lounge yang di tata apik menyerupai lobby hotel berbintang.

Penelitian dan Pengembangan diantaranya Nellawati dan Bahtiar, Plt. Kepala Bagian Kominfo Humas Buana F Februari, Camat Temiang Pesisir Abdul Kamar, Sekcam Bakong Serumpun Salam, Kasi Pemerintahan Kec. Katang Bidare Widi Satoto serta sejumlah staf akhirnya mendapatkan kesempatan berkunjung ke markas pemerintahan Kabupaten Banyuwangi yang terletak di pusat kota.

Sangat menarik perhatian deretan layar sentuh yang menjadi tempat para pemburu data dan informasi tentang Banyuwangi semua ada di situ, tinggal klik dan klik pokoknya Banyuwangi in one hand.

Sekda Lingga yang ikut mencoba mencari informasi tentang progres perizinan pada salah satu jenis layanan perizinan di Banyuwangi sampai terkesima.

“Saya yakin OPD kite dapat berinovasi seperti ini asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” ujar Esram bersemangat.

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli Setdakab Banyuwangi Sudjani yang bertindak selaku tuan rumah menyampaikan salam hormat dari Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas dan permohonan maaf karena tidak dapat menerima secara langsung dikarenakan sedang menjalankan tugas lain yang tak dapat diwakilkan.

Namun sebenarnya pada perhelatan Festival Kebaya 2018 di GOR Tawang Alun sehari sebelumnya Bupati Anas sudah bertemu dengan Sekda Lingga dan pada pertemuan tersebut terungkap niatan Lingga untuk belajar banyak dari Banyuwangi.

Sehingga keinginan tersebut kembali disampaikan Esram kepada Sudjani bahkan langsung memerintahkan Plt. Kabag Kominfo Humas untuk merajut kerjasama dimaksud.

“Kabag Humas segera jalin komunikasi dengan Bagian Pemerintahan Setda Banyuwangi untuk kemudian berkoordinasi dengan Kabag Tapem Lingga” perintah Sekda, dan langsung direspon positif pihak pemkab Banyuwangi.

Diakhir kunjungan kedua pihak saling bertukar cinderamata tanda dan foto bersama menjadi kenangan indah kunjungan ke Banyuwangi.

Kunjungi Kantor Desa

Setelah pada hari sebelumnya Rabu (5/12/2018), rombongan Pemerintah Kabupaten Lingga usai mengunjungi Kantor Camat Licin dan telahpun diajak keliling oleh Camat H. Hartono hingga ke Kantor Desa Taman Sari, bak ruang pameran kantor desa tersebut pun menghilangkan stigma bentuk tradisional kantor desa yang selama ini ada di benak para pejabat Lingga karena di kantor desa Taman Sari semua jenis pelayanan pun sudah modern dan terintegrasi dengan sistem jaringan database yang mumpuni, pendek kata desa ini memang cun punya.

Bayangkan saja di ruang pelayanan nya tersedia ruang baca untuk menghilangkan kejenuhan dan ada kulkas yang berisi minuman dingin penghilang dahaga.

Musholahnya indah serta ruang tunggu tamu yang nyaman serasa di rumah sendiri.

Untuk beberapa saat angan-angan seandainya kantor desa di Lingga bisa seperti ini pun membenam pada sanubari rombongan pemkab Lingga terutama Camat Temiang Pesisir Abdul Kamar, dirinya sangat ingin menerapkan ilmu yang didapat dari kunjungan ini kepada para kepala desa di wilayahnya.

“Patut ditiru karena memang terbaik” sebut Kamar tegas. Yang berkesan buat dirinya adalah sebuah aplikasi yang bernama UGDK (Unit Gawat Darurat Kemiskinan) dimana lewat aplikasi tersebut dapat terpantau jumlah warga miskin dan bahkan keberadaan nya pun dapat diketahui karena memang sudah terdata dengan GPS pada peta. (humaslingga)

Kiriman : Ravi Azhar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG