Wabup Natuna Bersama Kadis Pendidikan Tinjau UNBK SMP, Ini Pesannya

25

WARTAKEPRI.CO.ID, NATUNA -Wakil Bupati Natuna, Provinsi Kepri, Ngesti Yuni Suparpti meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, Senin (22/4/2019).

“Alhamdulillah, dari sejumlah sekolah tadi, semua muridnya hadir, dan mengikuti dengan serius,” ujar wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni suprapti di SMP 1 Ranai Kecamatan Bunguran Timur.

Meski begitu, Negsti berpesan kepada para siswa yang mengikuti ujian, sebelum mengisi jawaban agar meneliti dan memahami soal terlebih dahulu.

“Ujian hari ini bukanlah momok yang menakutkan. Tapi, sebagai sarana ingin mengetahui sejauh mana ilmu yang kita dapat selama tiga tahun belajar,” katanya.

Namun, Negsti berharap siswa yang mengikuti UNBK itu lulus semua dan bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Pelaksanaannya sudah baik. Setiap sekolah pun sudah mempersiapkan UNBK ini dengan maksimal. Baik dari segi sarana dan pembekalan bagi siswa-siswinya. Namun sayangnya Komputernya kurang,” ungkap Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni suprapti kepada sejumlah awak media.

Namun, kata Ngesti, hal tersebut tidak menjadi penghalang berarti, bagi setiap sekolah untuk melaksanakan UNBK tahun 2019.

Sementara Suherman, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga
turut mendampingi wabub mengatakan, kedatangan dirinya bersama wabub guna memantau kesiapan pelaksanaan UNBK di sejumlah SMP sederajat.

“Kedatangan kami ke sini guna memastikan pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat ini berjalan lancar. Sampai sekarang belum ada kendala yang signifikan, semua masih berjalan lancar,” kata, Suherman SH, Senin (22/4/2019).

Sejauh Ini menurutnya, pelaksanaan UNBK berjalan lancar. Belum ada laporan keluhan ataupun kendala pada hari pertama pelaksanaan UNBK.

Suherman mengatakan pelaksanaan UN di Natuna sebagian sudah berbasis komputer (UNBK) dan ada yang masih menggunakan kertas pensil (UNKP) namun dari tahun sebelumnya natuna sudah ada peningkatan.

Mata pelajaran pertama yang akan diujikan hari ini adalah Bahasa Indonesia pada Senin (22/4/2019) mulai pukul 07.30 WIB.

“Alhamdulilah Tahun Ini kita sudah ada peningkatan prangkat komputer seperti SMP Bunguran Selatan sudah mulai melaksanakan ujian berbasis komputer tahun ini,” ujarnya.

Kedepan Pemda Natuna akan terus mengenjot agar tiap sekolah agar mendapatkan perhatian laboratorium komputer.

“kita terus mengupayakan agar tiap sekolah mendapat bantuan sarana komputer, kita coba usulkan melalui CSR migas, semoga mereka turut andil mendongkrak fasilitas sekolah yang saat ini masih terbilang minim di kecamatan kecamatan,” sebutnya.

UNBK ini Sambung Suherman, ini juga merupakan proses pembelajaran yang pada akhirnya mengukur kemampuan pada siswa dan juga kemampuan guru itu, dapat diterima siswa atau gurunya perlu melakukan evaluasi perbaikan.

Suherman berpesan agar semua peserta UN mengutamakan kejujuran. Kejujuran lebih utama, prestasi juga penting.

Pelajaran yang akan diujikan dalam UN ada empat yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Kemudian berturut-turut hingga Kamis (25/5) adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

UN yang akan dilaksanakan terdiri dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNPK).

Sebagai informasi semua ujian dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia kecuali di Provinsi Papua, Papua Barat, dan NTT yang digelar pada 23-26 April 2019.(Rky)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN