Protes di PPK Bengkong, Saksi Menduga ada Pengelembungan Suara TPS 41 Bengkong Sadai

PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Diduga telah terjadinya penggelembungan suara di TPS 41 Bengkong Sadai, menimbulkan kericuhan dan para saksipun meminta perhitungan ulang, dengan membuka kotak suara.

Dan saat dilakukannya perhitungan ulang terbukti bahwa hasil yang berdasarkan C1 dan teli tidak sesuai dengan hasil pada lembar surat suara, hal ini terjadi saat perhitungan suara di Kecamatan Bengkong, Kamis (02/05/2019).

Jafar kordinator saksi partai Gerindra mengatakan, terkait dugaan kecurangan yang terjadi tersebut, pihaknya akan segera melaporkan secara tertulis kepada pihak yang berwenang.

“Yang jelas nanti akan saya laporkan ke pihak panwas, secara tertulis,” ungkap jafar.

Sementara itu Sutardi caleg dapil 2 bernomor urut Enam (6), dari Partai Gerindra, saat dikonfirmasi mengatakan hal yang sama yaitu meminta panwas untuk mengusut persoalan yang terjadi, agar terciptanya jujur dan adil.

“Kami akan segera menyurati panwas untuk mengusut persoalan ini, agar dapat diproses sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, menang kalah bukan persoalan, terpenting jujur dan adil,” ujarnya.

Sutardi menambahkan, bahwa dari perhitungan awal, untuk Partai Gerindra Nomor urut Enam (6), dapil Dua Bengkong/Batu ampar, pada Tps 41 tersebut tidak mendapatkan suara, bahkan berdasarkan C1 yang dipegang oleh panwaspun terlihat kosong (Nol).

Namun saat dilakukan perhitungan ulang berdasarkan surat suara, nomor urut Enam (6) dari parta Gerindra ini, mendapatkan Lima belas (15) suara.

“Ini baru satu TPS, bagaimana dengan TPS yang lain, satu Tps ini saja kami hampir kehilangan 15 suara, awalnya kami melihat c1 yang dipegang panwas saja, suara kami tidak ada, begitu buka kotak suara ternyata ada 15 suara,” terang Sutardi.

Menanggapi dugaan kecurangan yang terjadi, Panwaslu kecamatan berjanji akan memanggil pihak-pihak yang terkait didalam perhitungan suara di Tps 41 Bengkong Sadai dan akan melaporkannya kepada panwaslu Kota, bilamana ada pihak yang merasa dirugikan dan melakukan gugatan.

“Ya kalau memang ada yang tidak terima silahkan surati secara resmi dan kami akan memanggil pihak-pihak yang bertanggung jawab di Tps tersebut, dan hasilnya nanti akan kami laporkan kepada panwaslu Kota,” ungkap Panwaslu Kecamatan Bengkong. (Ria)

Editor : Dedy Suwadha

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel