Opsi Jalan Tol di Bandara Hang Nadim ke Pelabuhan Batuampar Lewat Pinggir Pantai Teluk Tering



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Walikota Batam HM Rudi memimpin langsung rapat rencana Pembangunan jalan tol di Kota Batam. Pertemuan dilaksanakan akhir pekan lalu, yang dihadiri Pelaksana Pembangunan Tol Trans Sumatra, PT Hutama Karya bersama tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan tim ini datang untuk memaparkan tentang pilihan jalur saat pembangunan tol nanti. Opsinya antara lain melewati jalur yang sudah ada. Atau dibuka jalur baru.

“Dalam pertemuan ini kami memilih opsi dibuka jalur baru,” kata Amsakar saat ditemui usai paripurna di DPRD Kota Batam, Senin (1/7/2019).

Jalur baru yang dimaksud yakni melalui pinggiran pantai Teluk Tering, untuk tol Bandara Internasional Hang Nadim ke Pelabuhan Batuampar. Dan jalan baru dari Batam Centre ke Mukakuning untuk tol rute Simpang Kabil-Kawasan Industri Mukakuning.

Amsakar menjelaskan Pemko Batam tidak memilih tol dibangun di atas jalan yang ada sekarang karena beberapa hal. Di antaranya bisa menimbulkan kemacetan khususnya di pertemuan arus lalu lintas yang berbeda dan berdekatan.

“Tim dari pusat sedang mengkalkulasi untuk rencana jalur baru ini. Sementara tim Pemko Batam bersama Badan Pertanahan Nasional akan survei dampak pembukaan jalur baru,” kata dia.

Menurutnya, pengerjaan jalan tol ini setidaknya membutuhkan waktu tiga tahun. Itupun apabila survei bisa final segera. Karena itu Walikota Batam sudah meminta konsultan agar prosesnya dipercepat.

Berdasarkan informasi dalam situs resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), kppip.go.id, jalan tol Batam ini termasuk Proyek Strategis Nasional.

Jalan tol Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim memiliki panjang 25 km. Rinciannya yakni Batuampar-Mukakuning sepanjang 15 km, Mukakuning-Simpang Kabil-Bandara Hang Nadim dengan panjang 10 km. Total investasi untuk pembangunan jalan tol ini mencapai Rp7 triliun.(*)

Sumber : MCBatam
Editor : Dedy Suwadha
Foto : Ilustrasi



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA