Melalui Program Pendaftaran Tanah, BPN Karimun akan Terbitkan 18.000 Sertifikat lahan

439
Melalui Program Pendaftaran Tanah BPN Karimun akan Terbitkan 18.000 Sertifikat lahan

WartaKepri.co.id Karimun – Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karimun menargetkan pemetaan 25.000 bidang tanah pada tahun 2019 ini. Dari jumlah itu, yang akan diterbitkan sertifikatnya sebanyak 18.000. Terhitung hingga September 2019, BPN Karimun sendiri sudah menyerahkan 600 sertifikat tanah milik warga bumi berazam.

Seusia peringatan Hari Agraria Nasional dan Tata Ruang (Hantaru) ke 59, pada Selasa (24/9/2019), Kepala BPN Karimun Jemmy Dolly Winerungan menjelaskan bawa pada tahun 2019 ini kami (BPN) Karimun telah menargetkan 25.000 bidang pemetaan lahan tanah.

“ Untuk penerbitan sertifikat sebanyak 18.000. Jadi tidak semuanya diterbitkan sertifikat dengan Jumlah tersebut sesuai yang ditargetkan oleh pemerintah pusat,” terang pria asal Sulawesi tersebut.

Lebih dalam Jemmy menyampaikan bahwa, dari target tersebut baru terealisasi sebanyak 12.000 sertifikat, karena BPN Karimun sendiri baru memulai sejak Februari hingga Maret. Sebab, pada Januari pihaknya baru masih melaksanakan administrasi, pengukuran lahan dan sebagainya. Lalu, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masing-masing kelurahan dan desa yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Karimun.

PKP HIMALAYA

“ Surat Sertifikat yang telah kami terbitkan tersebut sudah tersebar di seluruh Kabupaten Karimun, termasuk juga di Pulau Ungar dan Pulau Kundur, Sebagian lainnya berada di Pulau Karimun. Diakui selama ini ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan, diantaranya kendala kesulitan untuk menemui warga,” ungkapnya.

Ditambahkan Jemmy, saat turun ke lapangan terkadang petugas BPN hanya menemui tetangga pemohon sertifikat ataupun perangkat desa seperti Lurah, camat, dan RT maupun RW. Namun sayang, RT dan RW tidak boleh memaksakan untuk menentukan batas. Dengan adanya kendala-kendala tersebut, untuk target mencapai presentasi yang diharapkan akhirnya tidak terpenuhi.

“ Pihak BPN pada tahun 2017 telah menyerahkan sertfikat tanah melalui program PTSL sebanyak 6.500, kemudian pada 2018 sebanyak 9.000 sertifikat dan tahun ini rencananya akan diserahkan sebanyak 18.000 sertifikat dari 25.000 pemetaan bidang tanah, sehingga optimis target itu akan terealisasi hingga Desember 2019,” katanya.(*)

Tulisan: Aziz Maulana
Editor : Dedy Suwadha

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel