5.000 Pelajar Mengenakan Pakaian Adat Ramaikan Pawai HUT Kabupaten Karimun ke 20

273

WartaKepri.co.id, Karimun – Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim beserta dengan Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun pada Kamis (10/10/2019), melepas ribuan peserta pawai Budaya yang terdiri dari para guru dan siswa se kabupaten Karimun.

Pada pelaksanaan kegiatan yang baru pertama kalinya diselenggarakan dan kedepannya akan menjadi agenda rutin setiap tahunnya tersebut, merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan sempena Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karimun yang ke-20 yang di laksanakan di panggang rakyat putri kemuning Coastal Area.

Kegiatan yang disambut antusias oleh Warga Bumi Berazam tersebut kali ini diselenggarakan oleh Pemkab karimun melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

Seusai membuka secara langsung pawai dengan mengusung tema “SDM Unggul, Karimun Bersih, Indonesia” tersebut, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi terhadap inisiatif khususnya dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun yang mana telah ikut berpartisipasi memeriahkan HUT Kabupaten Karimun yang ke-20 tahun 2019 ini.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Kita sangat mengapresiasi terhadap Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, meski dalam keadaan ekonomi kita sedang sulit, dan defisit anggaran, namun seluruh lapisan elemen masyarakat tetap dapat semangat, mendukung serta berinisiatif dalam memeriahkan HUT Kabupaten Karimun yang ke-20,” ujar politisi asal partai Nasdem tersebut.

Lebih lanjut, ungkap Anwar pada Kegiatan pawai budaya yang digelar ini diketahui sebagai bentuk melestarikan budaya dan merupakan salah satu upaya guna mendukung pengembangan azam iman dan taqwa khususnya di wilayah Kabupaten Karimun.

“Pada Pelaksanana giat Pawai kebudayaan ini berkaitan dengan bagaimana kita sebagai warga Melayu segantang lada melestarikan suatu budaya, karena kita mendukung pengembangan azam iman dan taqwa, yang pada azam ke empat ialah peningkatan seni dan budaya, ini kita tanamkan dengan generasi muda untuk mereka mengenal budaya dan dapat melestarikan dan mempertahankan budaya kita,” imbuhnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim menyampaikan Tema yang kita angkat sesuai dengan visi dan misi mewujudkan kabupaten karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang terdepan berdasarkan iman dan Taqwa.

“Untuk memajukan keberagaman adat seni dan budaya serta saling memiliki rasa toleransi yang tinggi ditengah-tengah masyarakat, sekaligus Merupakan wujud ekspresi dalam memeriahkan HUT kabupaten ke 20, dengan menampilakan ragam seni dan kreasi, agar dapat memberikan semangat motivasi, semoga dengan keberagaman Khazanah seni dapat menjadikan semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Kata Bakri, Adapun peserta terdiri dari para siswa SD, SMP, SMA, SLB, serta dinas pendidikan kabupaten Karimun dan tidak ingin ketunggalan paguyuban-paguyuban yang ada di Bumi berazam tidak ingin ketinggalan ikut serta ambil bagian pada kegiatan dengan jumlah peserta mencapai 5000 orang tersebut.

“Kegiatan ini adalah suatu kegiatan yang merupakan suatu ajang silaturahmi dunia pendidikan yang melibatkan semua sekolah, dari mulai tingkat tk SD, SMP dan SMA yang ada di Karimun, intinya bagaimana kita bisa mengimplementasikan pendidikan kurikulum 2013, dimana salah satu mata pelajaran terdapat pengembangan budaya, inilah kita coba perkenalkan kepada para pelajar tentang budaya kita,” ungkapnya.

Salah satu budayawan Kabupaten karimun, Fakhmi sangat mengapresiasi dan mendukung dan tentunya senang dengan harapan kedepan pastinya akan lebih maju guna melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal tetap sejajar.

“Pada puncak pelaksanaan upacara HUT kabupaten karimun InshaAllah bapak bupati beserta dengan seluruh pejabat akan menggunakan adat Melayu sekaligus tanjak sebagai khazanah warisan budaya,” terang pria berkumis yang juga piawai menciptakan san juga mencetuskan beragam variasi tanjak yang sudah dipasarkan hingga ke mancanegara tersebut.(*)

Kiriman : Aziz Maulana

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO