Susu Kambing Mampu Atasi TBC, inilah Penelitian Mahasiswa IPB

163

WARTAKEPRI.CO.ID – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian terkait peran susu kambing dalam mengatasi penyakit TBC. Ketiga mahasiswa itu adalah Agung Yudhistiwa, Ajeng Agustianty, dan Dyastuti Puspita.

Selain susu sapi, salah satu jenis susu yang sering dikonsumsi adalah susu kambing. Memiliki cita rasa hambar sedikit asam, susu kambing mempunyai sederet manfaat kesehatan hal itulah memicu para mahasiswa tersebut melakukan risert mendalam.

Mereka menemukan pada susu kambing terdapat banyak kandungan fluorine, mineral, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, dan mangan.

Kandungan fluorine yang terdapat pada susu kambing berkisar 10 hingga 100 kali lebih besar dibandingkan susu sapi.

“Kandungan fluorine susu kambing ini bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh,” ujar mereka dalam siaran pers, Senin (20/3).

Sebuah penelitian mencatat bahwa kandungan lipid dalam susu kambing secara efektif dapat menurunkan rasa cemas.

Selain itu, asam linoleat dan mineral yang dimilikinya juga bermanfaat untuk membantu menjaga sistem imun, memaksimalkan perkembangan otak sekaligus menjaganya agar selalu sehat.

Latar belakang masalah dari penelitian diambil dari total kasus penyakit Tuberculosis (TBC) di Indonesia hingga tahun 2013 mencapai angka hingga 900 ribu kasus.

Anak-anak dan remaja menyumbang persentase yang cukup besar pada penderita TBC di Indonesia.

Hal ini, menurut mereka, tentu menjadi masalah besar untuk Indonesia karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saja mendesak lebih dari 30 negara, termasuk negara-negara maju, untuk mengenali bahaya lanjutan dari penyakit memberantasnya pada 2050.

Menurut penelitian dari Journal of American Medicine, susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang paling lengkap, bahkan hampir dapat disetarakan dengan Air Susu Ibu (ASI).

Itu disebabkan, di dalam susu kambing ini terdapat vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, protein dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Selain itu, unsurnya yang bersahabat membuat susu kambing mudah dicerna. Terhitung, untuk mencerna susu kambing tubuh kita hanya memerlukan waktu 20 menit, lebih cepat dibandingkan susu sapi yang perlu waktu sekitar 2-3 untuk mencernanya.

Produksi Susu kambing di Indonesia mulai ramai ditemui dengan label susu Kambing Etawa namun kita perlu cermat memilih susu kambing kwalitas baik dan Halal hal itu juga bisa jadi alternatif susu yang menyehatkan, lho. Sudah banyak orang yang memberikan kesaksian akan khasiat susu ajaib ini.

Apabila dikonsumsi secara teratur maka dapat dijadikan terapi pengobatan berbagai penyakit seperti asma, tuberkulosis, paru-paru, dan berbagai terapi penyakit pernapasan lainnya.(Rky)

(Diolah dari Berbagai sumber Int)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND