Pembentukan Kepengurusan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kabupaten Anambas





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pembentukan Kepengurusan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, resmi di bentuk, kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Anambas, Pasir Peti Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Jumat (8/11/2019)

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Sahtiar.SH.MM (Sekda KKA), dan dihadiri oleh Eko Desi (Kaban Kesbangpol KKA), Kapten Adi Poetra Sitanggang (Mewakili Danlanal Tarempa), Ridarmaji (Perwakilan Kacabjari Tarempa), Hafiz Riadi (Ketua KNPI KKA), Syarifuddin (Sekretaris LAM KKA), Asril Mabah (Ketua Pemuda Pancasila KKA), Pengurus Partai Politik Se Anambas, dan diikuti oleh Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Sahtiar.SH.MM (Sekda KKA) dalam penyampaiannya mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk pembentukan kepengurusan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) yang akan dibuat draf SK oleh Bupati KKA, nantinya.

Eko Desi Kanan Kesbangpol Anambas mengatakan bahwa Organisasi ini merupakan program dari Bakesbangpol yang berdasarkan Permendagri nomor 71 tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan dengan dasar tersebut maka dibentuklah kepengurusan ini.

Hal ini dilaksanakan bersama sama untuk mencapai keputusan bersama, kegiatan pembentukan pendidikan, wawasan kebangsaan ini berdasarkan permendagri no 71 tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Bangsa, dalam permendagri No 71 tahun 2012 ini pemerintah wajib melaksanakan kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan.ucapnya.

Wawasan kebangsaan ialah cara pandang kita tentang negara kesatuan Republik Indonesia dan pada kegiatan inilah akan membentuk kepengurusannya, Pendidikan Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk mengembangkan dan melaksanakan nilai kebangsaan guna kesadaran berbangsa dan bernegara.

Materi Pendidikan Wawasan Kebangsaan meliputi, Pancasila, UUD RI tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rencana pelaksanaan wawasan kebangsaan akan dilaksanakan pada hari Selasa 12 November 2012 dengan narasumber dari Kemendagri dan provinsi kita semua akan diberikan sosialisasi lebih jauh lagi kedepan program PPWK itu sendiri mohon dapat diikuti.

Saat ini susunan kepengurusan PPWK Anambas, antaranya adalah Ketua Sahtiar.SH.MM Sekda Anambas, Wakil Ketua Eko Desi Kepala Bakesbangpol Anambas, Sekertaris Kepala Bidang Wabang Anambas, dengan keanggotaan terdiri dari FKPD, DPC Partai, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama Anambas.

Pembentukan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) sebagai langkah Pemerintah Daerah dengan tujuan menambah ilmu pengetahuan tentang kebangsaan dan membangun NKRI, serta meningkatkan rasa nasionalisme, selain itu juga sebagai langkah antisipasi masuknya pemikiran pemikiran radikal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila di wilayah Anambas.(Rama).

Editor : Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA