Bupati Anambas Serahkan 16 Unit Pompong dan Sejumlah 12 Kawat Bubu Untuk Nelayan Anambas



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID, ANAMBAS – Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas serahkan Bantuan Armada Tangkap Berupa Pompong dan Kawat Bubu Kepada Nelayan Lokal di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, tepatnya di Pelabuhan Bayat, Desa Bayat Kecamatan Siantan Utara Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Jumat (29/11/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Abdul Haris.SH (Bupati KKA) dan dihadiri oleh Wan Zuhendra (Wakil Bupati KKA), Effie Sjuhairi (Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan/DP3 KKA), Yendi M.M (Asisten I Administrasi Umum KKA), Samsuherman (Kabid Perikanan DP3 KKA), Kepala Desa Bayat, Camat Siantan Utara, serta diikuti oleh para Nelayan lokal Desa Bayat.

Bantuan Armada Tangkap, antaranya adalah jenis Pompong Ukuran 3 GT (Sebanyak 16 unit), dan Kawat Bubu untuk 12 Orang Nelayan, bantuan tersebut diberikan kepada 8 Kecamatan yang ada di Anambas antaranya adalah, Kecamatan Siantan 2 Unit, Siantan Timur 2 Unit, Siantan Selatan 2 Unit, Siantan Utara 2 Unit, Palmatak 1 Unit, Siantan Tengah 4 Unit, Jemaja 1 Unit, Jemaja Barat 1 Unit, dan Jemaja Timur 1 Unit.

Abdul Haris.SH (Bupati KKA) dalam sambutannya mengatakan bahwa penyerahan bantuan Armada Tangkap berupa Pompong untuk nelayan tangkap di Desa Bayat ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, karena sangat peduli terhadap para nelayan agar peningkatan pendapatan para nelayan meningkat.

Tujuan pemberian sarana dan prasarana untuk meningkatkan pendapatan para nelayan lokal dengan harapan dapat mensejahterakan masyarakat dan daerah khususnya para Nelayan.

Ia juga mengatakan bahwa bantuan diberikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas berharap agar peralatan yang diberikan dapat digunakan para Kelompok Nelayan Lokal secara teratur dan dirawat agar pemanfaatannya dapat awet dan jauh lebih lama.ucapnya.

Kalau dilihat dipeta wilayah Desa Bayat adalah pulau yang berada di Utara wilayah Siantan dengan terdapat kandungan banyak kekayaan alam dan bawah lautnya. Untuk itu mari kita sama sama membantu pemerintah meningkatkan PAD, kesejahteraan masyarakat, mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan sinergitas antara kelompok nelayan dengan aparat keamanan di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas dengan menjaga keamanan wilayah laut Anambas.

Ia juga menghimbau melalui bantuan ini juga, masyarakat harus memberikan feedback berupa menjaga kelestarian wilayah perairan laut di sekitar Siantan Utara ini.

Effi Sjuhairi Kadis Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas juga mengatakan bahwa penyerahan bantuan Armada Tangkap bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir, sehingga diharapkan dengan bantuan Armada Tangkap tersebut para nelayan lokal dapat meningkatkan ekonomi keluarganya dalam rangka pembinaan, serta peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Samsuherman Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan bahwa Alhamdulillah tanggapanya positif dan bagus dan pompongnya langsung dicoba tadi dengan disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati dan dibawa pulang oleh penerima dengan dijalankan langsung, yang belum datang tadi dalam acara tersebut antaranya adalah dari Kecamatan Jemaja, Jemaja Barat dan Jemaja Timur, namun sudah di rencanakan besok baru datang untuk mengambil Pompong bantuannya.(Rama).



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA