Sukses Panen Raya Ikan Keramba Pokdakan Milik Abdullah di Pulau Merak Karimun Bisa Jadi Contoh



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Bumi Berazam memiliki potensi lokal dengan ketersediaan sumber daya alam yang mumpuni serta lahan dan cukup melimpahnya ketersediaan air yang dapat digunakan untuk budidaya ikan. Hal ini tentunya juga dimanfaatkan oleh salah seorang peternak bernama Abdullah (57) Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan), di Pulau Merak Kecamatan Meral Barat Karimun.

Alhasil, pada Senin (3/12/2019), Bupati Karimun Dr. H Aunur Rafiq menghadiri Panen raya ikan keramba yang turut serta di hadiri oleh Ketua DPRD Karimun HM. Yusuf Sirat, Kadis Perikanan Rufindy Alamsjah, Kepala Balai BPBL Kota Batam, Toha, Danlanal Karimun dalam hal ini diwakili oleh Letda Laut (P) Hendriyono, Camat Meral Herisa Anugrah, Danposmat Meral Peltu A. Ginting, Ketua Kelompok Perikanan Kakap Putih Meral, Agustami serta Masyarakat kelompok Budidaya perikanan Meral. Pada penen ikan kali ini, diantaranya yaitu ikan Kakap putih sebanyak 2.500 ekor serta Ikan Bawal Bintang sebanyak 2000 ekor.

Abdullah peternak keramba budidaya ikan (POKDAKAN) menuturkan bahwa salah satu tujuan pemberdayaan yang dilakukan adalah membantu masyarakat khususnya peternak untuk lebih berdaya dalam bidang ekonomi.

“Harapannya, masyarakat mempunyai inisiatif melahirkan kreasi dan inovatif dalam menghadapi permasalahan khususnya meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Abdullah mengatakan Pokdakan sendiri merupakan pembudidayaan ikan air laut dirasa tepat sebagai suatu usaha pemberdayaan masyarakat di wilayahnya, karena sesuai dengan potensi lokal yang ada, serta melihat sumber daya alam yang mendukung kemudian membentuk suatu kelompok sebagai wadah mengembangkan dan memasarkan usaha.

“Budidaya ikan laut juga dapat menjadi referensi daerah lain agar bisa mengembangkan potensi lokal yang ada, Budidaya ikan dirasa tepat sebagai program pemberdayaan masyarakat, karena sesuai dengan potensi lokal yang ada, selain itu juga menjadi wadah bagi anggota dan masyarakat dalam belajar bersama kaitannya dalam peningkatan pengetahuan dan ketrampilan budidaya ikan yang benar,” pungkasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Bupati karimun Dr. H. Aunur Rafiq dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya budidaya ikan laut selain sebagai pekerjaan, juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di wilayah Karimun

“Hal ini tentunya juga menjadi wisata kuliner dan wisata bahari di Wilayah Kabupaten Karimun, Pemkab sendiri menyampaikan Terima kasih kepada BPBL Batam yang telah memberi Bibit benih ikan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Karimun yang disalurkan kepada kelompok masyarakat budidaya ikan,” imbuhnya.(*)

Kiriman : Aziz Maulana



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA