Jajaran Polsek Meral dan Warga Bersih Sampah di Sepanjang Pesisir Pantai Pelawan

8

WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Puluhan Personil Polsek Meral dan warga, pada Jum’at pagi (13/12/2019) antusias melaksanakan aksi bersih-bersih pantai di sepanjang bibir Pantai pelawan, yang terletak di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

Pada Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan momentum yang tepat dan sangat baik, dimana sesuai dengan imbauan dari Bupati Karimun, dalam mengajak sekaligus mengkampanyekan Kebersihan lingkungan kepada seluruh masyarakat Bumi Berazam dalam persamaan tujuan dan juga Keperdulian pengelolaan sampah.

Jajaran Polsek Meral dan Warga Bersih Sampah di Sepanjang Pesisir Pantai Pelawan

Diketahui Pada sampah plastik di laut untuk ukuran mikro atau marine debris sangat berbahaya karena dapat menggangu kesehatan apabila debris tersebut masuk dalam pencernaan ikan serat selanjutnya masuk pada sistem rantai makanan.

Pemerintah Kabupaten karimun sendiri bertekad untuk mengatasi masalah sampah laut dan plastik khususnya di perairan Karimun. Seusai kegiatan bersih pantai pelawan yang menjadi Destinasi objek wisata, Kapolsek meral AKP. Doddy Santosa Putra menuturkan bahwa Pada pelaksanaan kegiatan ini merupakan atensi dan merupakan salah satu program dari Polsek Meral sendiri.

“Bertujuan guna lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, sesuai dengan perintah Bapak Kapolri, sehingga dengan adanya kedekatan antara Polisi dengan Masyarakat dapat mempererat sekaligus bahu membahu menjaga lingkungan, salah satunya kebersihan pantai,” jelas Perwira ramah asal Kota Palembang Sumatera selatan ini.

Lebih lanjut, Kapolsek AKP. Doddy Santosa Putra mengatakan selain dari pada itu Jajaran Polsek Meral juga turut serta mendukung program Kabupaten Karimun terkait kegiatan Jumat bersih sehingga apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat dirasakan sekaligus bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan sekitar pantai pelawan ini.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Dengan melibatkan seluruh stakeholder di Kecamatan Meral barat ini, besar harapan akan berlanjut terus pelaksanaan kegiatan dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral barat, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan bersih-bersih pantai, dengan penunjang sarana dan prasarana lainnya memadai.

“Dan Alhamdulillah, berkat kerjasama dan kekompakan warga beserta jajaran Forkopimda Kecamatan Meral Barat, dapat terealisasi pada kegiatan yang menjadi agenda rutin dilaksanakan tersebut, dimana sumber pencemaran laut tidak hanya dari daratan, namun sumbernya dari perairan lautan itu sendiri,” pungkasnya.

Salah satu warga Ernawati (36) juga membuka tempat usaha di sekitar pantai pelawan, yang turut serta membersihkan sekitar pantai sangat senang tentunya dengan kegiatan bersih-bersih tersebut.

“Semoga saja para pengunjung pantai pelawan semakin hari semakin bertambah, dengan tetap menjaga kebesihan lingkungan, terutama dari sampah botol plastik,” kata ibu dua orang anak ini.

Hasil perikanan tangkapan para nelayan yang sehat juga memerlukan kondisi lingkungan yang mendukung, sesuai dengan prinsip Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.(*)

Tulisan : Aziz Maulana

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI