Kesiapsiagaan Tim Terpadu Penangggulangan Bencana Tahun 2019 di Wilayah Anambas





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Apel kesiap-siagaan Pasukan Gabungan Penangggulangan Bencana Tahun 2019 di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, yang berlangsung di Lapangan Apel Polres Kepulauan Anambas Jalan Pasir Peti Tarempa Timur Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Rabu (11/12/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara AKBP Junoto SIK (Kapolres KKA) dan dihadiri antara lain Letkol Laut (P) Nur Rochmad I (Danlanal Tarempa), Yendi, MM (Asisten III Administrasi Umum KKA), Mamay Noer (Basarnas KKA), Tagana, OPD dan Pejabat Polres KKA.

Kegiatan tersebut meliputi peserta apel gabungan, antaranya adalah 1 Pleton TNI (Gabungan Lanal Tarempa dan Koramil 02 Tarempa), 2 Pleton gabungan Polres KKA, 3.1 Pleton Gabungan Satpol PP dan Basarnas KKA, 1 Pleton Tagana KKA, 1 Pleton Dishub KKA, dan 1 Pleton Dinkes KKA.

AKBP Junoto SIK (Kapolres KKA) menyampaikan amanat dari Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K (Kapolda Kepri), antara lain mengucapkan terimakasih kepada peserta yang telah hadir melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan dalam Penanggulanan Bencana di Wilayah Kab. Kepulauan Anambas tahun 2019.

Apel kesiap-siagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI, Polri, BNPB, Basarnas dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana.

Kepulauan Riau merupakan Daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, laka laut dan lain sebagainya, maka dari itu sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

Mengharapkan kepada seluruh Stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat Kelurahan hingga Provinsi, meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana

Dalam penanggulangan bencana tentunya sangat diperlukan edukasi tentang Penanggulangan bencana kepada masyarakat Sehingga dapat menciptakan Masyarakat yang Tangguh dalam menghadapi bencana yang akan Terjadi.

Untuk itu kita semua dituntut untuk Mampu melakukan Prediksi, analisis, dan identifikasi terhadap potensi bencana yang Kemungkinan terjadi di wilayah Kepulauan Riau dimana upaya tersebut menjadi tanggung jawab kita semua untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana antara lain seperti;

Pengintegrasian setiap Stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana, Penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan yang ada.

Meningkatkan kapasitas Sumberdaya manusia melalui pelatihan penanggulangan bencana, Meningkatkan kualitas data, informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah, dan Berikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana.ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pemeriksaan Pasukan, Ranmor dan Peralatan oleh Kapolres Anambas bersama Asisten III Kabupaten Kepulauan Anambas, FKPD, OPD, Toga, dan Toko Masyarakat Kab. Anambas.

Apel kesiap-siagaan Tim Terpadu Penanggulangan Bencana Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas dilaksanakan sebagai langkah tindak antisipasi musim utara mengingat cuaca buruk, angin kencang dan ombak tinggi yang diprediksikan akan berlangsung hingga Januari 2020 di wilayah Kepulauan Anambas.(Rama).



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA