Kapolsek Meral dan Danramil Gelar Rapat Persiapan Perayaan Imlek dan Capgomeh 2020 Bersama Lurah





WartaKepri.co.id, KARIMUN – Kapolsek Meral AKP. Doddy Santosa Putra didampingi oleh Sekcam Meral Harry Dwi Putra serta Danramil 01 TBK. yang diwakili oleh Serka Sasendi, pada Sabtu (11/1/2020), menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka menyambut Perayaan Imlek dan Capgomeh 2571 M. tahun 2020, di Gedung Serba Guna Kantor Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral Kabupaten Karimun.

Lima Kelurahan ikut serta mengikuti pelaksanaan Rapat yang menghasilkan 15 poin ini, diantaranya, Lurah Baran Timur Hasian Siregar, Lurah Barat Barat M. Ibnu Suganda, Lurah Meral Kota Zailani, Lurah Sungai Pasir Aidil Syawal, Seklur Parit Benut Syukrisman.

Sebanyak 37 orang undangan turut hadir yang terdiri dari Para Lurah dalam Kecamatan Meral, Perwakilan Etnis Tionghoa, Para Tokoh Agama Kecamatan Meral, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, serta Organisasi Masyarakat dan Organisasi Pemuda di wilayah Kecamatan Meral.

Kapolsek Meral AKP. Doddy Santosa Putra menjelaskan bahwa, dalam Rapat Koordinasi yang dilaksanakan dalam menyambut Perayaan hari Imlek dan Capgomeh 2020 tersebut, dengan persetujuan undangan yang hadir, dituangkankan dalam surat kesepakatan bersama.

“Kegiatan seperti pembakaran petasan atau kembang api, hiburan ataupun kegiatan lainnya pada malam imlek dengan ketentuan diantaranya bersepakat untuk senantiasa memelihara kerukunan, keharmonisan, kesetiakawanan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan di wilayah Kabupaten Karimun,” pungkasnya.

Selain itu juga ungkap Perwira yang hobi kendaraan antik ini, untuk saling menghormati dan menghargai selama berlangsungnya perayaan imlek 2571 M. tahun 2020 di wilayah Kabupaten Karimun secara umumnya dan Kecamatan Meral secara khususnya. Dimana untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan apabila terjadi perselisihan dengan meredam gejolak dan tidak melakukan upaya-upaya Provokatif.

“Bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, Polres Karimun, Stakeholder terkait lainnya serta Pemerintahan Kecamatan Meral dalam mengawal perayaan Tahun Baru Imlek 2571 M tahun 2020 yang aman dan kondusif,” ungkap Doddy.

Kata Pria kelahiran Kota Palembang Sumatera selatan ini menambahkan, mari bersama-sama sepakat untuk tidak terpengaruh dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi baik nasional maupun internasional yang bersentuhan dengan terganggunya kerukunan masyarakat di Kabupaten Karimun. Serta himbauan kepada Agen penjual kembang api mengacu pada Perkap. nomor 17 tahun 2017 Tentang Perizinan, Pengamanan, Pengawasan, dan Pengendalian Bahan Peledak Komersial, Penggunaan Kembang api maksimal berukuran 2 inchi.

“Sepakat dalam Perayaan Imlek 2571 M. Tahun 2020 di Wilayah Kabupaten Karimun umumnya dan Kecamatan Meral pada khususnya tidak dilaksanakan Politik praktis, menjaga kebersihan lingkungan sebelum dan sesudah pelaksanaan perayaan Imlek dan Capgomeh,” imbuhnya.

Lebih dalam, Kapolsek Doddy menyebut untuk rekayasa jalan pada tanggal 12 Februari 2019 yang di mulai pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB, dengan ketentuan diantaranya dari arah Balai menggunakan jalan Ahmad Yani Meral, dari arah Sungai Pasir menggunakan jalan Raja Oesman Kampung Bukit.

“Parkir pada tanggal 3 Februari 2020, di harapkan tidak parkir di sepanjang jalan Ahmad Yani Meral dan Jalan Raja Oesman Kampung Bukit Meral, dapat diarahkan ke pasar lama meral dan gudang pak acai lim dan tempat-tempat lainnya yang memungkinkan, serta dalam melaksanakan pembakaran mercon atau kembang api di harapkan memperhatikan arah angin dan lokasi tempat pembakaran,” ujar Kapolsek.

Kapolsek Meral juga mengimbau dengan dilaksanakannya rapat koordinasi yang pada prinsipnya adalah setiap kegiatan Keagamaan seluruh pihak di minta untuk selalu menjaga ketertiban dan keamanan sesama umat Beragama.

“Selalu menjunjung tinggi rasa persaudaraan, saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan Beragama serta bermasyarakat,” Kata Doddy.

Dari hasil kesepakatan bersama, juga disetujui dengan Kegiatan pembakaran mercon atau kembang api pada malam hari hanya di perbolehkan mulai pkl 20.30 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB, Pembatasan tidak di perbolehkan bermain mercon atau kembang api pada Pukul 11.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB, Pukul 15.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB, Pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 20.30 WIB, Kembang api Box yang lebih dari 2 Inchi tidak di perbolehkan untuk di gunakan.

Pada rapat koordinasi dalam rangka menyambut perayaan Tahun Baru imlek 2571 M. Tahun 2020 ini, juga di bentuk Tim Terpadu dalam hal sebagai Pengawasan selain aparat keamanan, dan Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan serta para Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda serta perwakilan dari masyarakat Tionghoa.

Aziz Maulana



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI