Ada Pertunjukan Barongsai Meriahkan Pawai Ta’aruf MTQ Tingkat Kecamatan Karimun





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Guna menciptakan kondusifitas yang aman pada pelaksanaan kegiatan pelantikan dewan hakim dan pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan, pada Jumat (14/2/2020) Polsek Balai Karimun gelar pengamanan untuk menjaga ketertiban selama pembukaan hingga penutupan acara MTQ tingkat kecamatan ini.

Start rute dimulai dari tugu MTQ, melewati sepanjang jalan coastal area, lalu menuju ke lapangan kuning, dan berakhir pada pos Lantas coastal area Tanjungbalai Karimun.

“Pada pembukaan MTQ terkait cara ploting lokasi pengamanan dengan harapan setiap personel mampu mengenali potensi kerawanan yang ada, yang dapat mengganggu jalannya perlombaan MTQ tersebut sesuai pembagian tugasnya masing-masing,” ungkap Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono Kepada WARTAKEPRI.co.id Jumat (14/2/2020).

Dikatakannya, prioritas utama pengamanan yang di tempati peserta yang akan mengikuti perlombaan besarta para dewan hakim juri perlombaan, sekaligus disekitar panggung utama yang telah di isi oleh para penonton (masyarakat) dan panitia MTQ.

“Sementara sisa porsenil membantu pengaturan lalu lintas (Satlantas Polres Karimun), ditambah jumlah personil siswa SPN Polda Kepri yang sedang menjalankan magang, serta dari Koramil, dengan sasaran kelancaran lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang dapat mengganggu kelancaran perlombaan MTQ tersebut, sekaligus mengatur penempatan areal parkir kendaraan pengunjung dan para tamu undangan di sekitar areal lapangan,” jelas Perwira ramah yang hobi berolahraga bulutangkis ini.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Camat Karimun Agung Jati Kusuma mengatakan bahwa, pada pelantikan Dewan Hakim dan pelepasan pawai Ta’ruf MTQ Tingkat Kecamatan Karimun tahun 2020 dengan mengangkat tema “Sebagai Momentum Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Qurani dalam mengisi Pembangunan yang Religius”, telah diikuti sebanyak 1500 orang.

“Dimana dari enam kelurahan serta tiga desa, dari pagi hari pukul 08.00 WIB sebelum pawai dilaksanakan, kita telah melantik dewan juri 14 orang, terselengaranya MTQ ini cukup meriah dan disambut antusias oleh masyarakat yang berduyun-duyun menghadiri, serta terdapat pawai yang diikuti semua lapisan masyarakat, suku, etnis, dan agama, sehingga mencerminkan Kabupaten Karimun adalah Kecamatan yang aman, damai dan kondusif, dimana tidak sesuai dengan kabar yang santer dari luar Karimun,” pungkasnya.

Turut serta hadir pada pelaksanaan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya tersebut, Camat Karimun Agung Jati Kusuma, Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono, Kepala Puskesmas Tanjungbalai Surawan, Sekcam Karimun Efriyan Santana, Kepala KUA Kecamatan Balai Mukhlis, serta Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Karimun.

Untuk peserta Kafilah MTQ dari Kelurahan Sei Lakam Timur sebanyak 300 orang peserta, Kafilah dari Kelurahn Sei Lakam Barat berjumlah 180 peserta, Kafilah dari Kelurahan Tanjungbalai sebanyak 311 peserta.

Ada atraksi dua Naga Barongsai turut ikut meriahkan acara pawai MTQ.

Kafilah dari Kelurahan Tanjungbalai Kota sebanyak 400 peserta, Kafilah dari Kelurahan Lubuk Semut 300 orang peserta, Kafilah dari Kelurahan Teluk Air sebanyak 650 peserta, Kafilah dari desa Parit berjumlah 250 peserta, dan Kafilah dari desa Selat Mendaun berjumlah 100 peserta serta Kafilah dari desa pulau Tulang sebanyak 150 orang Peserta.(*)

Kiriman : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA