Lanal Tarempa dan Dinkes Anambas Sosialisasi Bahaya Virus Corona Bagi Manusia

6
Sosialisasi bahay virus Corona Lanal Tarempa bersama Dikes Anambas. (Photo: Dok. Lanal Tarempa/rama)

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Lanal Tarempa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan sosialisasi tentang bahaya, penyebaran dan ciri-ciri virus Corona kepada seluruh anggota beserta keluarga, perwakilan Darma Wanita Persatuan (DWP) Anambas, Ibu-ibu Bhayangkari, IKIAD dan Kemenag setempat.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rachmad Ibrahim beserta Ketua Korcab Cabang IV DJA I Ny. Ira Nur Rochmad Ibrohim mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan khususnya kepada anggota Lanal Tarempa beserta keluarga, dan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas pada umumnya.

Kegiatan sosialisasi tentang bahaya virus Corona kepada manusia dan cara pencegahannya disampaikan oleh Ka Polum BP Lanal Tarempa Letda Laut (K) dr. Josua Maruli, pada awal Januari 2020 ini virus Corona kabarnya kembali merebak di beberapa wilayah, hal ini disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia yang mengidentifikasi jenis baru dari virus Corona.

Virus Corona jenis baru ini bernama 2019 novel coronavirus (2019-nCov) yang telah menjangkit wilayah China. Corona virus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti flu biasa, menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC).

“Dalam beberapa kasus, virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah seperti pneumonia dan bronkitis. Virus ini tersebar dari hewan ke manusia, dalam Journal of Medical Virology , mengatakan bahwa 2019-nCoV kemungkinan berasal dari ular,” kata dia.

Kata dia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memberikan keterangan berdasarkan informasi dari sejumlah kalangan di China yang menyatakan kalau Corona berasal dari penularan oleh kelelawar dan sebangsanya.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Menurut dia, virus ini seharusnya bisa di lokalisasi sehingga tidak menjangkiti manusia dan menular ke manusia lainnya. Virus Corona sangat mudah menular dengan adanya kontak fisik terutama melalui tangan dengan pengidap atau bersentuhan dengan alat-alat yang ada virus Corona.

Penularan bisa terjadi saat virus masuk lewat mulut, hidung, mata melalui tangan atau terhirup. Bahaya lain dari virus Corona saat ini kata dia ialah belum ditemukan obat atau vaksin hingga saat ini kasus virus Corona belum ada di Anambas. Dokter juga menyarankan agar menggunakan masker bagi yang sedang batuk. “Harus diperhatikan kebersihanya,” katanya mengakhiri. (r/rama)

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI