Minim Fasilitas Internet, Puluhan Siswa SMK 6 Batam Tetap Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik dari PWI Kepri – WartaKepri.co.id
60 views

Minim Fasilitas Internet, Puluhan Siswa SMK 6 Batam Tetap Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik dari PWI Kepri

Dedy Suwadha Praktek Wawancara





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kegiatan pelatihan dasar jurnalistik yang digelar PWI Kepri bersama Forum Media Siber Kepri berlanjut ke SMK Negeri 6 yang terletak di Kampung Panu, Kabil, Batam, Kepulauan Riau.

Pelatihan yang ke belasan kali ini hadir langsung Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim, Wakil Ketua PWI Kepri Dedy Suwadha, Sekretaris PWI Novianto dan Arment Aditya Kasi Pendidikan PWI Kepri. Hadir juga Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Batam, Deden Suryana, M.Pd.

Sekretaris PWI Novianto Kepala SMKN 6 Deden Suryana Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim Wakil Ketua PWI Kepri Dedy Suwadha

“Kami sangat berterima kasih sekali dengan adanya kegiatan ini, karena ini sangat terbantu kami dalam meningkatkan minat baca dan menulis siswa,” ujarnya, Selasa (18/2/2020).

Deden menceritakan sejumlah fasilitas di SMK Negeri 6 Batam. Untuk fasilitas labor dan kelas mencukupi, tapi untuk ruang serbaguna saat ini SMK Negeri 6 sudah tidak memiliki lagi ruang serbaguna.

” Kekurangan ruang serabaguna, serta fasilitas internet dan sinyal seluler tidak semua operator maksimal. Telkomsel susah disini, tapi anak anak pakai XL. Kalau internet Indihome juga belum ada jaringan. Itu kendala saat ini,” terang Deden.

Dijelaskan Deden saat ini ada 5 jurusan di SMK Negeri 6, ke depan bukan tidak mungkin jurusan akan ditambah. “Sekarang kami ada jurusan teknik permesinan, teknik pengelasan, teknik kendaraan ringan, teknik alat berat dan teknik komputer jaringan,” sebut guru yang telah menakhodai SMK Negeri 6 sejak 2013 silam.

Dan semua jurusan yang ada di SMK Negeri 6 ini menurut Deden telah memiliki perusahaan asuh masing-masing, sehingga anak-anak yang tamat dari sekolah ini, sudah langsung bisa bekerja di perusahaan tersebut.

“Untuk jurusan permesinan dan pengelasan kami bekerja sama dengan PT Citra Turbindo, dan anak-anak kami setiap tahunnya dilatih dan akhirnya diterima bekerja di perusahaan tersebut,” jelasnya.

“Jadi mereka PKL di Citra Turbindo, dilatih di sana, dan setelah selesai mereka diterima. Dan ini sangat membatu pihak perusahaan, karena cost pelatihan dan rekrutmen bisa hemat hingga 50 persen jika mereka merekrut tenaga kerja umum,” jelasnya.

Kerja sama ini disebut Deden sudah dirintis sejak 2013 silam. Dan diseriuskan dengan MoU pada 2016 lalu. Selain Citra Turbindo, SMKN 6 juga bekerja sama dengan PT SMOEI untuk penyediaan tenaga Welder atau las.

“Dan alhamdulillah anak-anak kami memiliki skil yang tinggi di bidang welder, sehingga pihak perusahaan menerima kami,” jelasnya.

Untuk jurusan teknik kendaraan ringan bekerja sama dengan Agung Auto Mal Toyota dan beberapa perusahaan penyedia kendaraan, begitu juga dengan teknik alat berat serta teknik komputer jaringan.

Mendengar hal tersebut, Ketua PWI Kepri, Candra Ibrahim sangat terkesan dengan kemajuan dan upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam menyalurkan anak didiknya di dunia kerja.

“Saya fikir ini sangat luar biasa, sehingga ke depan tidak ada lagi lulusan SMK yang tidak bekerja dan tidak memiliki usaha dari skil yang dimilikinya,” ujar Candra.

Pelatihan ini sendiri, menurut Dirut Batam Pos tersebut, diberikan dengan tujuan memotivasi generasi milenial untuk giat membaca dan menulis.

“Jangan sampai anak anak kita ini kurang pengetahuan akibat jarang membaca, sehingga kita selalu tak nyambung saat ngobrol sama orang lain, malu kita,” paparnya.

Banyak hal yang disampaikan Candra untuk membangkitkan motivasi membaca dan menulis anak-anak. Pelatihan ini dipandu oleh Armen Aditya, Ketua Seksi Pendidikan PWI Kepri yang juga Redaktur Harian Haluan Kepri, dengan materi literasi.

Dedy Suwadha Wakil Ketua PWI Kepri bidang hubungan antar lembaga, dengan materi apa itu berita dan Sekretaris PWI Kepri yang juga Ketua Forum CEO, Novianto dengan materi dasar-dasar jurnalistik.(bos)

Editor : Dedy Suwadha



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

60 views