Prosedur Pengurusan Lahan di BP Batam Dipermudah, Begini Ceritanya – WartaKepri.co.id
26 views

Prosedur Pengurusan Lahan di BP Batam Dipermudah, Begini Ceritanya





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar Sosialisasi Perka Direktorat Pengelolaan Lahan Tahun 2020 di Balairungsari Lantai 3, Gedung Bida Utama, BP Batam, Rabu (19/2/2020).

Di hadapan ratusan undangan yang hadir, Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan Perka yang disosialisasikan ini merupakan pengganti Perka yang lama guna mempermudah proses pengurusan lahan.

“Perka ini pengganti Perka yang lama, banyak sekali yang akan dirubah untuk mempermudah mereka yang ingin mengurus lahan ke BP Batam,” kata Rudi.

Perubahan itu kata Rudi diantaranya soal sistem proses pengajuan dokumen. Kemudian perubahan pada proses perpanjangan UWTO.

Untuk sistem proses pengajuan dokumen, ke depan di Perka ini kata Rudi sekali diajukan permohonan yang baru akan disetujui tanpa harus dilengkapi dengan dokumen-dokumen lain hingga selesai perjanjian.

“Dan untuk IPH sudah melekat pada PPL itu sendiri, artinya perjanjian yang sudah kita berikan sudah lengkap mereka boleh mengurus sertifikat di BPN, dan ke depan semua proses sertifikat hak guna bangunan (HGB) harus selesai tidak digantung-gantung dan semua harus clear,” sambungnya.

Sedangkan perubahan pada proses perpanjangan UWTO, ke depan tidak lagi harus menunggu dua tahun sebelum berakhir baru boleh diperpanjang. “Tapi 10 hingga 15 tahun sudah bisa diperpanjang,” tambahnya.

Itu dilakukan menurut Rudi guna mempermudah orang untuk berinvestasi ke BP Batam. Merubah sistem ini kata dia BP Batam juga akan mendapat Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang cukup besar. (ati)



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

26 views