H-2 Gelaran Gerbangdutas, Inilah Rangkaian Acara Mendagri dan Menkopolhukam RI di Anambas

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pengamanan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) yang akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Maret 2020, rakor tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Lantai 2 Jalan Pasir Peti Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (14/3/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Restu Adi Daud Deputi III BNPP, Sahtiar Sekda Anambas, Kombes Pol Supardi Karo Log Polda Kepri, Kombes Pol K. Budi Yuwono Karo Rena Polda Kepri, AKBP Cakhyo Dipo Alam Kapolres Kepulauan Anambas, Ani Ketua Panitia Karo Perencanaan Gerbangdutas, OS Tarigan Tim BNPP, Adies Saputra Kepala Bappeda Anambas, Rio Rizal Camat Siantan, Redo Lithory fourty Grav Camat Palmatak, serta diikuti jajaran Forkopimda sekitar 30 orang.

Restu Adi Daud Deputi-III BNPP dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Rombongan direncanakan sudah tiba di Bandara Matak sekitar pukul 09.30 WIB dengan ketibaan Menteri Dalam Negeri RI dan Menkopolhukam RI disambut dengan acara adat melayu dan pemberian daun sirih terhadap Mendagri dan Menkopolhukam RI saja sebagai perwakilan tamu kedatangan Gerbangdutas 2020.

Pada saat penandatanganan rencana akan dilaksanakan pada hari H pelaksanaan siang hari sekitar Pukul 12.00 WIB untuk dibuatkan tenda putih sebagai tempat teduhnya, kemudian Paparan rangkaian/rundown kegiatan Gerbangdutas Tahun 2020, Untuk penerimaan bantuan dana desa terdapat dua alternatif yaitu, Pemberian bantuan secara langsung Kepada Bupati, Pemberian bantuan kepada sepulu Kepala Desa.

Di harapkan nantinya nama – nama kepala Desa yang menerima bantuan dapat di pastikan, agar dikoordinasikan terkait apakah ada pemberian secara simbolis di PLUT Tarempa dan untuk kunjungan ke gudang Sarpras non SRG di batalkan, Untuk acara ramah tamah VVIP akan dilaksanakan di Anambas Resort sedangkan untuk di Batu Lepe Ramah Tamah diluar VVIP.

Untuk rombongan pertama yang berada di pesawat SKK Migas berjumlah 35 orang dan direncanakan tiba pukul 08.00 Wib di bandara Matak Base untuk selanjutnya akan di drop langsung menuju pelabuhan.

Kita perlu merapatkan kembali terkait penggunaan mobil agar susunan kendaraan menjadi teratur karena hal tersebut hal penting untuk mendapatkan tanggapan yang bagus dari tamu rombongan VVIP dan VIP, kita juga meminta agar di persiapkan handsanitizer untuk para tamu undangan VVIP dan VIP.

Sementara untuk kepulangan pesawat yang membawa rombongan VVIP dan VIP akan berangkat terlebih dahulu pada pukul 09.45 WIB menuju Pelabuhan Matak dan menunggu diruang tunggu Bandara Matak Base.

AKP Muhammad Jaiz Kabag Ops Polres Anambas dalam penyampaiannya mengatakan bahwa kami sudah menentukan titik – titik fokus pengamanan yang di anggap rawan dan kami sudah memploting tim keamanan di titik – titik tersebut, kami juga melibatkan Brimob Polda Kepri untuk melakukan netralisasi lokasi dan jalur Escape apabila terjadi sesuatu.

Kami juga meminta bantuan personel TNI AD sebanyak 10 Personel, TNI AL sebanyak 15 Personel, Satpol PP sebanyak 22 Personel, Dishub sebanyak 20 Personel, kami akan merencanakan kegiatan Gladi Bersih di Palmatak dan pelabuhan Tanjung Momong pada hari Minggu tanggal 15 Maret 2020 pukul 08.00 WIB.

Sahtiar Sekda Kepulauan Anambas dalam penyampaiannya mengatakan bahwa diharapkan agar malam ini data mobil yang akan digunakan dapat di pastikan malam ini sehingga kita dapat mengatur komposisi tamu yang menggunakannya, diharapkan kita jangan mengutamakan tamu dari pusat saja akan tetapi harus memperhatikan transportasi Forkopimda tingkat Provinsi juga.

Untuk kapal yang layak di gunakan yaitu Speed Boat Anambas 1, 2 dan 6 akan tetapi kita juga meminta bantuan kepada pemilik kapal Citra Anambas sehingga kita perlu tau berapa jumlah tamu yang akan hadir esok hari.

Sementara itu penyampaian dari Kolonel Sugeng Koordinator Tim Pendahulu Kemenkopolhukam RI, mengatakan bahwa dari paparan dan rencana kegiatan ini untuk sebelum pelaksanaan Gerbangdutas agar secepatnya digladikan, guna kelancaran rangkaian kegiatan.

Adapaun kegiatan Mendagri dan Mekopolhukam RI selama beberapa hari kedepan di Kabupaten Kepulauan Anambas antaranya adalah pada tanggal 16 Maret 2020, sekitar Pukul 08.15 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan tiba di Bandara Matak Base menggunakan Pesawat SKK Migas PK-TVE ATR 72-600 diikuti pelaksanaan penyambutan adat melayu Tepung tawar, pengalungan kain Batik Cual dan beras kuning, pukul 08.45 WIB.

Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan menuju Pelabuhan Matak Base untuk bergerak menggunakan speadboat Anambas 1, 2, 6 dan Ferry Citra Anambas, pukul 09.25 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan tiba di Pelabuhan Tanjung Momong dan langsung menuju ke Kantor Bupati Anambas, pukul 09.40 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan tiba di Kantor Bupati Anambas, yang terletak di Jalan Pasir Peti, pukul 09.45 – 11.35 WIB.

Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan melaksanakan kegiatan pencanangan Gerbangdutas 2020, pukul 12.00 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan melaksanakan peninjauan perekaman dan pencetakan KTP-elektronik, pukul 13.00 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan makan siang (Ishoma) di Kantor Bupati Anambas, pukul 13.30 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan mengunjungi ke Mapolres Kepulauan Anambas, pukul 14.15 WIB.

Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan mengunjungi Gedung PLUT (Sarpras Perdagangan), pukul 14.20 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan menuju ke Pelabuhan Tanjung Momong untuk kembali ke Anambas Resort (Istirahat), pukul 19.30 – 22.00 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan jamuan makan malam di Batu Lepe, pukul 22.00 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan kembali istirahat di Anambas Resort.

Sedangkan pada tanggal 17 Maret 2020, pukul 07.00 – 08.00 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan melaksanakan makan pagi dan persiapan menuju Bandara, pukul 08.30 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan menyeberang kembali menuju Pelabuhan Matak, pukul 09.10 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan menunggu di ruang VVIP Bandara Matak Base, Pukul 09.45 WIB, Mendagri dan Menkopolhukam RI beserta rombongan take off menuju Bandara Halim Perdana Kusuma.(Rama).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG