Air Bersih Masih Sulit di Siantan Selatan, Camat Harapkan Program Gerbangdutas ada Manfaatnya – WartaKepri.co.id
109 views

Air Bersih Masih Sulit di Siantan Selatan, Camat Harapkan Program Gerbangdutas ada Manfaatnya





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Kebutuhan yang paling mendasar bagi keberlangsungan hidup orang banyak (masyarakat) seperti saat ini di Kecamatan Siantan Selatan masih bisa dibilang miris, pasalnya kebutuhan sumber air bersih sangat minim.

Pihak Kecamatan Siantan Selatan telah mengusulkan kepada Dinas Badan Perencanaan Pembanguna Daerah (Bappeda) Anambas untuk meminta anggaran melalui program Gerbangdutas, yang beberapa waktu lalu di resmikan oleh Kemenkopolhukam RI dan Kemendagri di Kantor Bupati Anambas.

Awalludin Camat Siantan Selatan menjelaskan kepada sejumlah awak media tentang Ketersedian sumber Air bersih yang menjadi persoalan, seperti yang terjadi di masyarakat desa yang ada di Kecamatan Siantan Selatan untuk air minum saja warga harus membeli dari Kelurahan Tarempa yakni Air Galon untuk kebutuhan sehari hari.

Untuk satu gerigennya masyarakat harus merogoh kocek senilai Rp 7000 rupiah, sementara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pastinya lebih dari satu gerigen yang di gunakan, sekitar 14.000 ribu perharinya” ucapnya.

Dari dulu masyarakat harus mengambil air di sumber mata air yang berada dipulau yang lumayan jarak tempuhnya, ada yang menggunakan Pompong (kapal kayu tradisional) milik sendiri dan ada juga yang menyediakan air yang dijual kepada masyarakat.

Kecamatan Siantan Selatan terdiri dari 7 Desa antaranya adalah Desa Telaga, Desa Telaga Kecil, Desa Kiabu, Desa Mengkait, Desa Linggai, Desa Tiangau dan Desa Air Bini.

Dari 7 Desa yang ada di Kecamatan Siantan Selatan hanya ada 2 Desa saja yang mengalami krisis Air antaranya Desa Mengkait dan Desa Kiabu, sementara itu untuk Desa Tiangau dan Desa Air Bini sumber airnya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sementara itu untuk Desa Linggai saat ini sudah dibangun sumur Bor, namun hanya untuk kebutuhan mandi dan mencuci saja, tapi untuk air minum masih membeli air galon termasuk masyarakat Desa Telaga dan Desa Telaga Kecil.

“Kami berharap kepada pemerintah pusat agar dapat membantu anggaran pembangunan sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup masyarakat di Kecamatan Siantan Selatan,” tutur dia.

Sementara Untuk Desa Kiabu sumber mata air memang tersedia akan tetapi masih belum di olah atau belum dibangun untuk penggalian sumber mata airnya, Oleh sebab itu dibutuhkan anggaran pembangunannya yang sangat besar dari pemerintah pusat.(Rama).



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

109 views