Tim TNI Polri dan Pemda Karimun Cek Kesehatan WNI yang Baru Datang dari Malaysia, Sementara Negatif Corona – WartaKepri.co.id
801 views

Tim TNI Polri dan Pemda Karimun Cek Kesehatan WNI yang Baru Datang dari Malaysia, Sementara Negatif Corona





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pemeriksaan secara masif atas instruksi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di wilayah Kabupaten Karimun, khususnya di Kelurahan Tanjung Balai, Kecamatan Karimun dengan melibatkan tiga pilar, yakni Lurah Tanjung Balai, TNI-Polri serta dibantu oleh Puskesmas setempat, Sabtu (21/3/2020).

Pada kegiatan pengecekan disalah satu rumah warga yang dijadikan tempat transit (Homebase), terletak dijalan Sidomulyo I RT. 01/RW. 02, Kelurahan Tanjung Balai Kecamatan Karimun tersebut melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah sekaligus bersinergi dengan Puskesmas Karimun.

“Pemantauan dan pengecekan kesehatan ulang bagi WNI yang baru saja tiba dari Malaysia, dengan hasil negatif dari penyebaran virus corona (covid-19),” jelas Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono kepada WARTAKEPRI.co.id, Minggu (22/3/2020).

Budi menambahkan, selain itu juga dilakukan imbauan dan pesan-pesan Kamtibmas, diantaranya mengimbau agar masyarakat untuk melakukan pembatasan bersosial (social distancing), agar selalu tetap waspada akan tertularnya penyakit virus corona, tidak perlu panik dan resah, tetap laksanakan aktifitas seperti biasanya namun tetap waspada, kenali sedini mungkin gejala Infeksi corona dari hari ke hari, lakukan langkah-langkah pencegahan agar terhindar dari virus corona, serta cepat dan tanggap untuk segera melaporkan ke Polsek atau puskesmas terdekat jika mengetahui atau menjumpai suspect corona.

“Para WNI yang transit tidak ditemukannya gelaja-gejala menunjukkan terjangkitnya covid-19,” jelas Budi.

Diungkapkannya, informasi bahwa banyak WNI yang pulang dari Malaysia dan transit di Karimun, tiga Pilar bersama Puskesmas Karimun menggelar cek ulang ke tempat dimana WNI transit sebelum melakukan keberangkatan kembali keluar Karimun, seperti ada yang ke pulau Jawa, Pekanbaru dan sebagainya.

“Selain memastikannya kembali kesehatan agar bebas dari covid-19, kami juga memberikan penyuluhan yg berisi imbauan pencegahan dan penyebaran virus corona. Kami lakukan ulang guna memastikan lagi walaupun di pelabuhan sudah dicek juga kesehatan mereka, sekarang yang perlu dilakukan saat ini, agar seluruh lini masyarakat ikut bersama-sama untuk menjaga dan mengawasi seluruh tepian yg mana menjadi pelabuhan tikus, karena tanpa melalui prosedur lintas batas negara,” imbuhnya.

Dirinya menyebut dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, tali silaturahmi kamtibmas yang terjalin dengan baik antara TNI-Polri, dalam hal ini Bhabinkamtibmas Polsek Balai dan juga Babinsa bersama dengan warga di Kelurahan Tanjung Balai, Kecamatan Karimun.

“Masyarakat yang disambangi ikut serta mengajak masyarakat lainnya untuk bersama-sama mendeteksi lingkungan sekitar, apakah ada atau tidak suspect corona, sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat agar tidak panik tetap melakukan aktifitas seperti biasanya,” ungkapnya.(*)

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

801 views