Terpilih Wagub DKI, Inilah Profil dan Sepak Terjang Politik serta Kekayaan Ahmad Riza Patria – WartaKepri
284 views

Terpilih Wagub DKI, Inilah Profil dan Sepak Terjang Politik serta Kekayaan Ahmad Riza Patria

Foto Gelora

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia mengalahkan cawagub DKI dari PKS Nurmansjah Lubis. Riza terpilih dalam proses pemungutan suara secara tertutup saat sidang paripurna DPRD DKI dengan agenda pemilihan wagub DKI, Senin (6/4/2020), di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih.

Dan, bagaimana sepak terjang Ahmad Riza Patria di dunia perpolitikan Indonesia sebelum terpilih jadi Wakil Gubernur DKI. Menurut Riza Patria, dirinya mengaku tidak memiliki ambisi menjadi orang nomor dua atau DKI 2 di jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Namanya bisa muncul menjadi Cawagub Jakarta usai diusung partainya yang berlambang Garuda itu.

“Karena kami menjaga komitmen Pak Prabowo untuk menyerahkan kursi wagub ke PKS. Namun, wagub sebelumnya dari Gerindra, Bang Sandi. Lalu ada surat dari PKS agar cawagub bisa segera diusulkan kembali satu dari PKS dan non PKS. Lalu dari Gerindra dimunculkan empat nama salah satunya saya. Saya tidak bisa nolak. Itu salah satu kelemahan saya,” ujar Riza pada saat namanya diajukan menjadi Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Bukan hanya saat ini Riza pernah dicalonkan sebagai Wakil Gubernur DKI. Pada Pilkada DKI Jakarta 2012 ia pernah mendampingi Hendardji Soepandji di putaran pertama, namun kedua pasangan itu harus kalah dalam perhelatan pemilihan kepala daerah untuk memimpin Ibu Kota Jakarta.

Meski sempat gagal menjadi Cawagub, pria yang lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969 itu meneruskan karier politiknya di Dewan Perwakilan Rakyat mewakili DKI Jakarta, tentu tetap bersama Gerindra sebagai partai pengusungnya.

Kariernya sebagai politikus Senayan cukup gemilang, ia menjabat dua anggota perwakilan rakyat selama dua periode yaitu tahun 2014-2019 dan 2019-2024.

Karier politik gemilangnya itu tidak lepas dari kontribusinya yang aktif sejak muda menjadi aktivis di berbagai organisasi seperti KAHMI dan KNPI. Selama dua periode 1999-2002 dan 2002-2005, Riza dikenal sebagai Ketua DPD KNPI DKI Jakarta.

Riza juga tercatat sebagai Ketua Umum DPN Garda Muda Merah Putih (GMMP), dan Komandan Nasional Menwa Indonesia, pengurus DPP GEMA MKGR, Wasekjen KAHMI DKI Jakarta, Wakil Kepala Humas PBSI, Director IRInYI for Young MDGs (International Relationship of Indonesian Youth Institute for Young Millenium Development Goals), Sekjen DPP Persatuan Anak Guru Indonesia (PAGI), Anggota Indonesian Council of World Affair (ICWA), dan berbagai organisasi lainnya.

Riza nampaknya gemar mengikuti organisasi-organisasi karena sifatnya yang selalu ingin membantu orang lain. Ia pun mengaku tipe orang yang sulit menolak dan sangat menghargai pimpinan.

“Di manapun saya berada, saya sangat menghargai pimpinan. Di partai saya tidak pernah minta apa-apa, tapi selalu diamanahi jadi ketua DPP, ketua fraksi MPR, jubir dan sebagainya,” kata Riza.

Kekayaan Ahmad Riza 19 Miliar

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilihat Republika.co.id dari laman e-LHKPN.kpk.go.id, Riza Patria tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 19.055.129.328 atau 19 miliar. Tercatat, Riza Patria melaporkannya harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 27 Februari 2020 lalu untuk periodik 2019 sebagai Anggota DPR RI.

Harta kekayaan Riza Patria terdiri atas harta bergerak dan tidak bergerak. Untuk harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di wilayah Jakarta Selatan dan Tanggerang. Total, harta tidak bergerak yang dimiliki Riza mencapai Rp 17,2 miliar.

Untuk harta bergerak, tercatat Riza Patria memiliki Toyota Vellvire tahun 2011, Honda Freed tahun 2015, dan Toyota Innova tahun 2018 dengan total nilai Rp 805 juta. Riza juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 283.237.600.

Selain itu, ia juga memiliki kas dan setara kas Rp 436.891.728 dan harta lainnya Rp 330 juta. Sehingga, total keseluruhan kekayaan Riza mencapai Rp 19 miliar.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA