Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Undang Tukang Jahit Untuk #Polres1jutaMasker – WartaKepri
316 views

Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Undang Tukang Jahit Untuk #Polres1jutaMasker

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Inisiatif dari Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur untuk menggerakkan pelbagai lini masyarakat guna mengatasi kelangkaan masker di tengah wabah Coronavirus Disease (Covid-19), khususnya diwilayah Kabupaten Karimun.

Gerakan bertajuk #Polres1jutamasker yang digagas oleh perwira nomor wahid dijajaran Mapolres Karimun ini mengundang para pelaku usaha atau tukang jahit untuk membuat masker nonmedis.

“Permasalahan ini bukan saja terjadi di Kabupaten Karimun saja, bahkan seluruh Indonesia bahkan di seluruh penjuru dunia, dengan kelangkaan masker,” terang Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur kepada WARTAKEPRI.co.id Senin (6/4/2020).

Menurut perwira asal Kota Semarang Jawa Tengah tersebut, kebutuhan alat pelindung diri (APD), diantaranya masker dan juga sanitizer di wilayah Karimun sangat diperlukan, dimana Alat Pelindung Diri (APD) khususnya masker ini nantinya untuk didistribusikan ke Puskesmas, rumah sakit serta tempat-tempat isolasi orang dalam pengawasan (ODP) dan masyarkat luas di beberapa wilayah yang tersebar di seluruh Kabupaten Karimun.

“Masker yang memenuhi standar kesehatan, diantaranya seperti masker N95 yang semestinya hanya digunakan pada orang sakit atau tenaga kesehatan yang menangani pasien, kalau kita warga masyarakat yang sehat cukup dengan menggunakan masker nonmedis yang terbuat dari media atau bahan kain,” imbuhnya.

Kapolres menegaskan bahwa, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organizations (WHO) sendiri telah mengubah kebijakan dan kini mendukung penggunaan masker untuk semua orang di tengah penyebaran pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona (SARS-CoV-2).

“Dimana sebelumnya WHO telah merekomendasikan penggunaan masker diperuntukkan hanya untuk orang yang sakit dan orang yang merawat pasien. WHO menyatakan masker bedah harus disediakan untuk petugas medis, sementara masyarakat bisa menggunakan masker berbahan kain untuk menutup bagian wajah, dan dapat dipakai kembali setelah dibersihkan,” ujar Kapolres yang selalu mengutamakan misi kemanusiaan tersebut.

Sementara itu salah satu pelaku usaha menjahit Ramiati (45), warga RT 03, RW 01 Kelurahan Tanjung Balai, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinis Kepulauan Riau, mengapresiasi sekaligus mendukung penuh program dan Inisiatif dari Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur.

“Dengan melibatkan para pelaku usaha penjahit, dapat di ikut sertakan pada pelaksanaan gerakan sosial membuat (menjahit) masker, yang nantinya dibagikan kepada seluruh lapisan masyarakat,” katanya.(*)

Repoter : Aziz Maulana

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA