15 Juta Akun Tokopedia di Hack, Ini Cara Mengamankan Akun Anda

PKP Online

WARTAKEPRI.CO.ID, Beberapa hari terakhir tersiar kabar mengenai Tokopedia yang di hack oleh orang hacker. Kabarnya, 15 juta akun pengguna tokopedia dibobol dan data pribadi seperti nama akun, alamat e-mail, hingga nomor telepon mereka diperjual belikan secara online.

Menanggapi kabar tersebut, pihak Tokopedia  akhirnya bersuara dan mengatakan bahwa memang ada upaya pencurian atas data akun-akun di platform e-commerce miliknya. Para pengguna pun diimbau untuk mengganti password akun demi menjaga keamanan.

 

Adapun cara mengganti kata sandi Tokopedia ialah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, buka situs atau aplikasi Tokopedia dan masuk (login) ke akun Anda.
  2. Kemudian, klik tab ” Akun” yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon “Pengaturan”.
  3. Lalu, pilih menu “Akun” dan klik menu ” Kata Sandi”.
  4. Setelah itu, masukkan kata sandi lama dan baru di kolom yang tersedia dan klik tombol “Simpan”.
  5. Untuk keamanan tambahan, Anda bisa menambahkan enam digit PIN Tokopedia dengan mengklik menu “PIN Tokopedia” di tampilan “Atur Akun” tadi.

Selain itu, anda juga bisa menghapus rekening bank yang sudah anda daftarkan sebelumnya di Tokopedia dengan mengklik opsi “Akun Bank”  pada menu utama, kemudian klik “Atur Akun”. Di tampilan akun bank, pilih nomor rekening yang terdaftar dan klik tombol “Hapus”.

Dilansir melalui Tribunnews.com, jika dirasa kurang, Anda dapat menggunakan fitur keamanan ekstra lainnya, yakni verifikasi dua langkah (two-factor authentication/2FA). Ketika aktif, fitur ini mengharuskan pengguna memasukkan enam digit kode yang dihasilkan secara acak dan berkala dari sistem.

Tokopedia mengandalkan aplikasi Google Authenticator untuk menjalankan 2FA. Pengguna oun perlu memasang aplikasi Google Authenticator terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur tersebut. Aplikasi Google Authenticator bisa diunduh di tautan berikut (Android) dan di tautan berikut (iOS).

Setelah memasang Google Authenticator, buka situs Tokopedia di desktop (komputer/laptop) dan klik menu “Pengaturan” yang bisa diakses ketika Anda meng-klik ikon avatar masing-masing di pojok kanan atas.

Lalu, pilih tab “Google Authenticator” dan klik tombol “Aktifkan Google Authenticator” yang bisa ditemui ketika Anda menggulir (scroll) layar ke bawah.

Beberapa saat kemudian, Anda bakal disodori tampilan yang memampang sebuah kode QR dan 16 digit kode aktivasi, berikut kolom untuk memasukkan enam digit kode autentikasi.

Selain itu, anda bisa menghapus alat pembayaran yang sudah terdaftar di akun -termasuk kartu kredit dan kartu debit- untuk mencegah adanya transaksi yang tidak diinginkan. Untuk menghapus metode pembayaran ini, anda bisa membuka pengaturan atau opsi “Pembayaran” pada menu “Pengaturan”, lalu pilih metode pembayaran yang Anda biasa gunakan, misalnya Ovo.

Kemudian, kunjungi halaman “Pengaturan Akun” dengan meng-klik ikon “gerigi”. Lalu, klik tombol “Stop Hubungkan Akun”.

Setelah itu, akun Ovo Anda akan dihapus alias tidak lagi terhubung ke akun Tokopedia.

 

Dilansir melalui: Tribunnews.com

 

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel