Transaksi Produk Rumah Tangga di Tokopedia Melonjak Hampir 2,5 Kali Lipat

140
Tokopedia Produk Rumah Tangga
Tokopedia Produk Rumah Tangga

FANINDO

JAKARTA – Antusiasme masyarakat dalam berbelanja produk rumah tangga secara online masih tinggi. “Hal ini terbukti dari kategori Rumah Tangga yang terus menjadi salah satu kategori paling laris di Tokopedia selama semester I 2022,” ungkap Head of Category Development (Home & Living and Mom & Baby), Ramadhan Niendraputra.

Bantal, guling, jam dinding, handuk, hingga kotak penyimpanan menjadi beberapa produk rumah tangga yang paling laris selama semester I 2022 di Tokopedia.

Tren belanja ini didorong oleh sederet inisiatif dari Tokopedia untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sekaligus mendukung para pegiat usaha lokal dari industri yang berkaitan dengan rumah tangga.

Salah satunya, inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli di berbagai daerah dengan penjual terdekat. Inisiatif ini membantu masyarakat berbelanja produk kebutuhan dengan lebih efisien, dan pegiat usaha – khususnya UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia – punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

Home Living SALEbrations (HLS), kampanye kuartalan terbesar di kategori Rumah Tangga di Tokopedia, adalah contoh program berpendekatan Hyperlocal.

BACA JUGA 13ersama di HUT ke-13, Tokopedia Bagi Hadiah serta Paparkan Tren Transaksi 2021-2022

“Sepanjang semester I 2022 lalu, jumlah transaksi melalui Home Living SALEbrations melonjak hampir 2,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di 2021,” jelas Ramadhan.

Contoh kampanye lain yang juga berpendekatan Hyperlocal yaitu Waktu Indonesia Belanja (WIB), festival belanja bulanan dengan deretan promo menarik yang diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan. Sama dengan HLS, halaman WIB juga dipersonalisasi sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

Pendekatan Hyperlocal juga diterapkan pada layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Dilayani Tokopedia. Layanan ini mempermudah penjual, termasuk yang menjual produk rumah tangga, untuk menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. UMKM jadi tidak lagi perlu berpindah ke kota besar untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Berkat berbagai inisiatif berpendekatan Hyperlocal, Tokopedia mencatat sejumlah temuan menarik berkaitan dengan kategori Rumah Tangga selama semester I 2022.

“Beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli tertinggi adalah Kabupaten Biak Numfor (Papua), Takalar (Sulawesi Selatan), Jeneponto (Sulawesi Selatan), Probolinggo (Jawa Timur), hingga Demak (Jawa Tengah), dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3,5x lipat,” jelas Ramadhan.

Kabupaten Jayawijaya (Papua), Biak Numfor (Papua), Agam (Sumatra Barat), Sorong (Papua Barat), hingga Tanah Datar (Sumatra Barat) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi tertinggi, dengan rata-rata peningkatan hampir 4 kali lipat.

Di sisi lain, Denpasar, Palembang, Makassar, Malang dan Badung menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi.

“Temuan di atas akan terus memotivasi Tokopedia untuk fokus mendukung tumbuh-kembang UMKM lokal mengingat UMKM adalah penyokong lebih dari 60% PDB Indonesia, sekaligus demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ramadhan.(*)

Sumber : Tokopedia

Honda Capella