Hati-hati! Mengkonsumsi Pizza Berlebih Ternyata Bisa Menyebabkan Penyakit Berbahaya

198

WARTAKEPRI.CO.ID, Mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan tidaklah baik. Hal itu termasuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau lebih dikenal dengan istilah fast food. Dilansir melalui Kompas, ternyata mengkonsumsi Pizza secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Hal itu bukan tanpa dasar. Diketahui satu potongan pizza rata-rata mengandung sekitar 680 miligram sodium, 12 gram lemak dan 300 kalori. Sementara tiga potong pizza mengandung lebih dari 2.000 miligram natrium yang dapat menyebabkan penyakit tersebut.

Selain Pizza, ada juga beberapa makanan lainnya seperti Buger, Hot Dog, Ayam goreng dan kentang goreng.

Burger umumnya menggunakan keju. Menyantap burger dan keju dalam porsi besar bisa meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, dan diabetes tipe 2. Burger dan keju dalam porsi besar biasanya mengandung 1.200 kalori dan 1700 mg natrium, yang merupakan 74 persen dari batas rekomendasi asupan harian.

Kandungan natrium di dalam satu porsi hot dog mencapai 33 persen dari batas rekomendasi asupan harian. Asupan lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kolesterol jahat dan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung serta stroke. Selain itu, makanan tinggi natrium juga dapat meningkatkan tekanan darah yang membuat kita berisiko tinggi mengalami stroke, dan gagal jantung.

Mengkonsumsi ayam goreng atau fried chicken berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Satu porsi dada ayam goreng mengandung lebih dari 500 kalori, 34 gram lemak, dan 1.200 miligram sodium. Makanan yang digoreng biasanya mengandung lemak dan sodium tinggi.

Jadi, mengkonsumsi makanan fast food sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, terlalu sering dan porsi yang berlebihan dapat dianggap tidak menyehatkan bagi tubuh manusia. Yuk mulai biasakan hidup sehat dengan memakan makanan yang sehat dan olahraga secara teratur.

 

Dilansir melalui: health.kompas.com

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND