Media Gathering Penyamaan Persepsi Media dan Bawaslu Karimun Sepakat Bentuk WA Group Khusus

151
Media Gathering Penyamaan Persepsi Media dan Bawaslu Karimun Sepakat Bentuk WA Group Khusus

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Dalam rangka mengeratkan hubungan antara Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karimun dengan Media, telah diselenggarakan Media Gathering dan Penyamaan Persepsi dengan tema “Peran Aktif dan Netralitas Media Dalam Pilkada Tahun 2020 Di Kabupaten Karimun”, yang diselenggarakan di hotel Alishan Kapling, Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (14/7/2020).

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat menganggap penting digelarnya media gathering yang melibatkan seluruh media, baik itu media cetak, elektronik, maupun daring. Dirinya mengungkapkan, momentum ini sangat penting untuk menyamakan persepsi antara lembaga Bawaslu dengan seluruh awak media.  

“Tentunya media gathering ini kita manfaatkan untuk menyamakan persepsi terkait tugas dan fungsi Bawaslu,” ujar Nurhidayat seusai pelaksanaan kegiatan Media Gathering.

“Media bagi Bawaslu adalah aktor utama untuk menunjang dalam memberitakan terkait tupoksi Bawaslu,” sambung pria yang hobi bermain musik ini.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Dirinya berharap, agar pelaksanaan kegiatan media gathering ini mampu menjaga sinergitas antara Bawaslu dengan media tetap terjalin dan saling mendukung. 

“Kami memahami dan menyadari banyak hal yang dapat kami lakukan, tapi tanpa adanya suport dari media, maka yang Bawaslu lakukan akan dianggap sia-sia, karena tidak tersampaikan ke publik secara luas,” paparnya.

Meskipun demikian, dirinya menyebut untuk percepatan, pihaknya bersepakat pada kegiatan hari ini melahirkan group khusus, antara Bawaslu dan Media, dimana dapat sharing (berbagi) informasi dan kondensi.

“Harapannya juga tidak hanya konsen dengan pemberitaan-pemberitaan saja, akan tetapi juga bersama-sama dengan Bawaslu mengawal proses tahapan Pilkada tahun 2020 ini yang sedang berlangsung,” katanya.

Nurhidayat menambahkan, pihaknya dalam wadah Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) selama ini berjalan dengan baik, sebelumnya juga sudah melaksanakan kegiatan koordinasi awal.

“Gakkumdu sendiri telah menyatakan siap baik itu dari Bawaslu sendiri, maupun dari unsur Kepolisian dan Kejaksaan, untuk menangani pelanggaran-pelanggaran tindak pidana pada Pilkada tahun 2020 ini,” pungkasnya.

Disinggung mengenai terdapat 67 poin keterbukaan informasi, dirinya menegaskan bahwa, tentunya terdapat hal-hal yang sangat prosedural juga di Bawaslu yang di kecualikan, sehingga untuk mengetahui lebih jauh terkait data-data tersebut dapat di sharing pada grup WhatsApp yang telah di bentuk.

“Karena tentunya saya pribadipun tidak boleh melangkahi peraturan-peraturan yang ada, namun secara keseluruhan hal-hal yang berkaitan dengan kinerja Bawaslu, tentunya dari rekan-rekan media membantu kami dalam mempublikasikan kepada seluruh masyarakat, agar keberadaan Bawaslu yang berperan sangat central sekali pada Pilkada tahun 2020 ini dapat diakui oleh masyarakat Kabupaten Karimun,” terangnya.

Pada pelaksanaan Media Gathering ini mengambil bentuk diskusi antara media dengan narasumber yang berasal dari Bawaslu, perwakilan Media dari AJI, PWI, serta IWO, dengan di ikuti oleh 25 peserta, perwakilan dari Awak Media.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO