Dua WNA Vietnam Ditemukan KM. Sinar Nelayan Terapung di Laut Anambas, Beginilah Kondisinya Sekarang

325
WartaKepri - 2 WNA Vietna Ditemukan Terapung di Laut Anambas

Wartakepri.co.id, Anambas – Dua orang Warga Negara Asing (WNA) asal vietnam ditemukan oleh KM. Sinar Nelayan dalam kondisi terapun-apung di laut sekitar 170 mil utara perairan Anambas, dimana kedua WNA tersebut diserahkan ke Lanal Tarempa.

Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan S.E.M.Tr.Hanla., M.M mengatakan, dari informasi yang pihaknya dapat untuk mengetahui kejadiannya Lanal Tarempa melalui juru bahasanya Efendi mendapatkan penjelasan bahwa kedua orang tersebut merupakan nelayan Vietnam, dimana mereka berangkat dari Vietnam berangkat melaut Sabtu(2/5/2020).

“Kita dapat keterangan mereka pergi melaut sekitar 2 bulanan untuk menangkap ikan dan pada Kamis(16/7/2020) kapal mereka ditabrak oleh kapal lain,” sebutnya, saat dikonfirmasi wartawan Warta Kepri melalui Hand Phone, Rabu(29/7/2020).

Dibeberkannya, adapun 2 WNA Vietnam yang diselamatkan KM. Sinar Nelayan yaitu Buoi Van Teuing Umur 41 tahun
Tempat, tanggal lahir Cam Giang Tay Huyen Ngre Hun Tunh Ca Vietnam, 1979, dan Tran Nguyen Thanh Umur 41 tahun, Tempat, tanggal lahir Cam Giang Tay Ngoc Hun Ca Mau, Vietnam, 1979, dan tidak didapati nama Kapal. 5 orang lagi belum diketahui bagai mana nasibnya.

“Karena ABK Kapal mereka jumlahnya 7 orang, kita belum mengetahui nama kapal mereka. Kapal yang menabrak kapal penangkap ikan yang dinaiki WNA Vietnam itupun tidak diketahui identitasnya,” ucapnya.

Diungkapnya, adapun kronologi penemuan 2 WNA Sabtu (18/7/2020) yang terapung-apung ditemukan KM. Sinar Nelayan tersebut berada pada posisi 05° 39′ 000″ N – 106° 20′ 111″ E.

“Kita juga selaku Dansatgas Angkutan Laut percepatan penanggulangan Covid-19 melakukan protokol kesehatan terhadap kedua WNA Vietnam tersebut, dimana hasil suhu rata-rata 36.5 C. kemudian dilakukan PCR yang saat ini menunggu hasil, serta dilakukan isolasi mandiri di RSUD Tarempa,” terangnya.

WartaKepri – 2 WNA Vietnam Dilakukan Protokol kesehatan

Atas kejadian tersebut Lanal Tarempa melakukan terhadap kedua WNA Vietnam tidak diketahui identitas lengkapnya dan diserahkan ke pihak Imigrasi untuk penanganan proses deportasi lebih lanjut.

Lanal Tarempa terus menjalin koordinasi dengan kapal-kapal ikan indonesia yang beroperasi di wilayah perairan Laut Natuna Utara dan Kepulauan Anambas dan salah satunya KM. Sinar Nelayan guna laporan dini apabila diketemukan hal-hal yang menonjol di laut.

Dijelaskannya, WNA Vietnam tersebut adalah korban dari kecelakaan di Laut, bukan sebagai tahanan kapal ikan asing yang melanggar kedaulatan laut Indonesia.

“Oleh karena itu, dalam rangka misi kemanusian dan semangat Asean, kita membantu mengevakuasi dan mendeportasi ke 2 WNA Vietnam tersebut ke negara asalnya,” ucapnya.(rama)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND