Polres Karimun Aktifkan 10 Anggotanya Jadi Pengawal Paslon Bupati dan KPU Serta Bawaslu

482
Polres Karimun Aktifkan 10 Anggotanya Jadi Pengawal Paslon Bupati dan KPU Serta Bawaslu
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Polres Karimun, Polda Kepulauan Riau telah menugaskan 10 anggotanya menjadi Walpri (Pengawal Pribadi) bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak tahun 2020 ini.

Pengawal pribadi (Walpri) yang diperuntukan bagi pasangan calon pemilihan kepala daerah merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002, tentang tugas dan tanggung jawab guna memberikan kenyamanan dan pengamanan bagi para paslon.

Kesepuluh anggota Polri terebut berasal dari Satreskrim dan Sat Intelkam yang telah ditugaskan dan bertanggung jawab pada masing-masing anggota yang akan melekat pada bakal pasangan calon, setelah melalui penyeleksian yang ketat.

“Tetap menjunjung netralitas sebagai anggota Polri yang profesional dan jangan sampai terpengaruh oleh salah satu pasangan calon, meskipun melekat selama masa Pilkada dalam kurun waktu 1×24 jam,” terang Kabag Ops AKP Lulik Febyantara, Kamis (1/10/2020).

Lulik menegaskan bahwa, tugas dari 10 anggota Walpri adalah mengamankan pasangan calon, bukan mensukseskan pasangan calon.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

“Tugas dan tanggung jawab pengamanan pasangan calon ada di masing-masing anggota yang telah ditunjuk dan diseleksi sebagai Walpri pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati,” tegasnya.

Dirinya menyebut, agar masing-masing anggota Walpri untuk berpenampilan yang rapi dan bersih, serta memiliki perilaku yang baik dan pengetahuan serta wawasan yang luas.

“Tunjukan kepada para pasangan calon bahwa kita siap untuk mengamankan para pasangan calon tersebut,” harapannya.

Lulik menambahkan, untuk paslon masing-masing dua Walpri, Calon Bupati dua dan Calon Wakil Bupati dua orang. Dan untuk Walpri bagi Ketua KPU satu dan Ketua Bawaslu satu, jadi total keseluruhan ada sepuluh Walpri yang berasal dari Satreskrim dan Sat Intelkam.

“Walpri ini nantinya akan ditugaskan secara VIP kepada calon pada saat melakukan kampanye serta kegiatan lainnya yang berkaitan dengan Pilkada. Selain Walpri, polisi juga sudah menyiapkan personil lainnya untuk diterjunkan kedalam pengamanan pilkada yang nantinya akan bersinergitas dengan instansi lainnya,” pungkas Lulik.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN