Kasus Covid-19 Meningkat, Pjs Bupati Karimun Kembali Berlakukan Jam Malam Mulai 22.30 WIB

Kasus Covid-19 Meningkat, Pjs Bupati Karimun Berlakukan Jam Malam Mulai 22.30 WIB

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pjs. Bupati Karimun Herry Andrianto mengevaluasi kembali perkembangan peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun.

Hal ini berdasarkan surat edaran Bupati Karimun, nomor 300/SET-COVID-19/X/19/2020, tentang pengaktifan kembali, pemberlakuan jam malam dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Karimun.

“Setelah mengevaluasi kondisi terkini terkait terjadinya peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Karimun, dalam rangka mengurai konsentrasi aktivitas masyarakat di luar rumah guna menekan penyebaran Covid-19 yang lebih luas dan masif,” terang Pjs. Bupati Karimun Herry Andrianto, Kamis (22/10/2020).

Sehingga kata Herry pemberlakuan jam malam mulai diaktifkan kembali pada pukul 22.30 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

“Untuk mengendalikan peningkatan penyebaran Covid 19 yang ada disekitar kita, perlunya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar menghindari aktivitas diluar rumah yang berkumpul dan berkerumun,” paparnya.

Selain itu Herry juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Karimun untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 melalui gerakan 6 M.

“Diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak 2 meter, mencuci tangan atau gunakan handasanitizer, menghindari kerumunan, meningkatkan imunitas tubuh, dan menjaga pola hidup sehat sebagai wujud kewaspadaan diri terhadap resiko penyebaran Covid-19 yang lebih luas di masyarakat,” sebut Herry.

Selain itu Herry juga menyampaikan himbauan sekaligus pemberitahuan kepada seluruh toko, warung dan kedai kopi, atau sejenis lainnya, untuk tidak menyediakan layanan makan maupun minum di tempat, melainkan dengan penyediaan layanan makanan yang dibawa pulang (dibungkus), sehingga dapat menghindari berkumpulnya masyarakat, dengan pembatasan akitivitas perdagangan sampai Pukul 22.30 WIB.

“Kepada tim terpadu penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Kabupaten Karimun, agar melakukan pemantauan sekaligus monitoring secara berkala melalui kegiatan patroli dari tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Lurah atau Desa, di mulai pada pukul 22.30 WIB, terhadap aktivitas masyarakat yang berkumpul dan masih melakukan aktivitas di luar,” sebut Herry.

Sehingga menurutnya, bagi masyarakat yang masih melakukan aktivitas atau kegiatan diluar waktu pemberlakuan jam malam yang telah di tetapkan oleh Pemerintah Daerah, maka dapat dilakukan kegiatan pembinaan oleh Tim Terpadu Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Kabupaten Karimun.

“Surat edaran ini berlaku sejak tanggal ditanda tangani sampai dengan adanya pemberitahuan selanjutnya. Demikian disampaikan agar dapat dipatuhi dan dilaksanakan dengan disiplin dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.

Reporter : Aziz Maulana

FANINDO

Honda Capella