Mau Beli Laptop Gaming, Perhatikan Tiga Hal ini agar Tidak Salah Pilih

302
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id – Mau tau cara mengetahui jenis Laptop gaming apa yang terbaik untuk Anda miliki saat ini. Terawal, Anda harus mengenali fitur utama laptop dan sesuaikan dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Mulai kenali fitur laptop mulai dari Layar, CPU dan GPU, memori dan penyimpanan, desain, hingga port dan input.

Saat ini, banyak sekali jenis laptop gaming yang beredar di pasaran. Laptop gaming kerap menawarkan kelebihan menarik yang cukup menarik para gamers. Seperti halnya Asus yang menawarkan laptop menarik dan keren untuk para gamers.

Kelebihan yang ditawarkan tentu sangat menunjang pengalaman gamers ketika bermain game. Satu di antara seri Laptop Asus yang menarik perhatian untuk gamers yakni Asus ROG.

Tentu kamu tidak ingin membeli laptop gaming yang sembarangan, kan. Jangan sampai kamu membeli laptop gaming dengan kualitas grafis yang kurang. Tentu gime yang kamu mainkan tidak akan maksimal. Dikutip dari Tribunnews berikan beberapa cara dalam memilih laptop gaming.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

1. Layar

Tampilan layar tentu akan mempengaruhi pengalaman dan kepuasan saat bermain gim. Sebisa mungkin pilihlah laptop dengan ukuran layar 14 inci. Resolusi layar full HD untuk mendapatkan pengalaman gaming yang sempurna.

2. RAM dan Prosesor Minimal Core i5

Dalam memilih laptop, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bagian prosesor. Pilihlah prosesor Core i5 ke atas kalau prosesor laptop memakai prosesor Intel.

Pilih juga prosesor dengan versi “M”, bukan versi “U” karena jenis “U” biasanya diperuntukkan kegiatan ringan saja. Tidak hanya prosesor, peran RAM pada laptop gaming juga sama-sama penting. RAM berfungsi untuk menyimpan grafis gim yang sedang dimainkan.

Pilihlah RAM dengan kapasitas minimal sebesar 4 GB. Perhatikan juga apakah laptop yang hendak dibeli memungkinkan untuk upgrade RAM atau tidak.

Kualitas grafis dari kartu grafis (VGA) menjadi hal utama yang tidak boleh terlewatkan. Kualitas dari VGA akan mempengaruhi tampilan dan kualitas gambar saat bermain gim.

Apabila game yang dimainkan mempunyai grafis berat, tetapi kualitas grafis pada laptop kurang bagus, maka tampilan video game pasti akan patah-patah. Semakin banyak port berarti semakin banyak pilihan untuk memperluas fungsi laptop.

Beberapa laptop gaming mungkin mengurangi jumlah port yang tersedia. Tujuannya adalah untuk mendapatkan faktor bentuk dan ukuran yang kecil.

Jadi, pertimbangkan kekurangan ini saat membandingkan. Jika laptop kamu memiliki port yang terbatas, pertimbangkan menggunakan hub USB multiport atau stasiun dok.

Jika kamu kesulitan untuk menghubungkan mouse, headset, kamera web, hard drive eksternal, atau periferal lain ke laptop ramping yang hanya memiliki dua port USB, opsi ini dapat memberikan pilihan koneksi baru.

3. Pendinginan Laptop

Kini sudah banyak sekali pilihan laptop gaming tipis dengan sistem pendinginan yang dirancang dengan cermat. Dasar-dasar sistem pendinginan dalam laptop sebagian besar masih terdiri dari ventilasi, kipas, pipa pendingin dan heatsink.

Namun, alat pendinginan laptop yang dirancang modern memungkinkan memiliki bentuk dan ukuran kecil. Perlu diketahui, sistem pendinginan tersebut mungkin bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.(tribunnews.com)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN