BMKG Karimun Waspadai Siklon Tropis Molave, Nelayan Diminta Sementara Hindari Turun ke Laut

495
BMKG Karimun Waspadai Siklon Tropis Molave, Nelayan Diminta Sementara Hindari Turun ke Laut
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, mengeluarkan peringatan dini, terkait siklon tropis molave, khususnya di wilayah perairan Karimun dan sekitarnya.

“Berada pada 1510 km sebelah barat laut Tarakan, dengan kecepatan 17 knots (31 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia,” terang Kepala Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Tanjungbalai Karimun, Raden Eko Sarjono, Rabu (28/10/2020).

Menurut Eko, dampak dari siklon tropis molave tersebut pada wilayah perairan Karimun sendiri yaitu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, gelombang laut yang tinggi mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

“Dan juga pastinya angin kencang yang meliputi wilayah perairan Kepulauan Riau,” paparnya.

Untuk itu, Eko menghimbau bagi para nelayan dengan adanya tinggi gelombang dan angin kencang akibat siklon tropis molave tersebut, diharapkan agar selalu mengutamakan keselamatan. “Kalau bisa untuk tidak pergi kelaut terlebih dahulu,” himbau Eko.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

Sehingga menurutnya, prediksi 24 jam ke depan, terhitung sejak tanggal 29 Oktober 2020 pukul 07.00 WIB.

“Mengenai arah gerak dan kekuatan prediksi, diperkirakan siklon tropis molave melemah intensitasnya dalam 24 jam ke depan,” sebut Eko.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN