Sinergitas BC Bersama Polri Berhasil Mengamankan Sabu Seberat 4 kg Asal Malaysia

174
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 4. 242 gram sabu asal Malaysia ke Indonesia, melalui perairan Karimun, Kepulauan Riau, berhasil digagalkan, berkat adanya sinergitas petugas Bea Cukai bersama dengan Kepolisian Resor Karimun, Polda Kepri pada Rabu (11/11/2020), pukul 00.00 WIB.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) B Tanjungbalai Karimun, Agung Marhaendra Putra menuturkan, keberhasilan pengungkapan upaya penyelundupan sabu-sabu tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara seluruh instansi terkait di Kabupaten Karimun.

Sehingga dari penegahan barang haram sabu tersebut, telah berhasil mengamankan dua orang tersangka yang di duga sebagai kurir sabu.

“Tersangka MK berhasil diamankan oleh petugas setelah berusaha melarikan diri, dan satu tersangka lainnya berinisial AH, berhasil diamankan setelah petugas mendapatkan keterangan keberadaannya dari rekannya, MK,” terang Agung Marhaendra Putra saat konferensi pers di Aula Kantor KPPBC, Jum’at (20/20/20).

Menurut Agung, kedua tersangka berusaha melakukan penyelundupan narkotika jenis sabu dengan modus melakukan transaksi (serah terima) di tengah laut.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

“Dari hasil penyisiran, serta rekonstruksi ulang, pada tiga titik lokasi yang berbeda, akhirnya petugas berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 4. 242 gram, yang dikemas dalam bungkus teh cina, senilai Rp. 4 miliar,” paparnya.
Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan menyatakan, dari informasi yang didapat, kedua tersangka ini merupakan kurir pemasok narkotika, psikotropika dan prekursor (NPP) asal Malaysia.

“Dari pengakuan para tersangka, sabu ini akan diedarkan di wilayah Kabupaten Karimun,” ungkap Adenan.

Selanjutnya, kata Adenan petugas dari Tim Panther Sat Narkoba Polres bersama KPPBC TMP B Tanjung balai Karimun, melakukan upaya pergerakan guna mencari kurir NPP tersebut.

“Tim gabungan mendapatkan kapal mencurigakan yang diduga sebagai trasnportasi pembawa sabu di pantai Pamak, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, dan berhasil mengamankan salah seorang tersangka berinisial MK,” ujarnya.

Setelah pengembangan, kata Adenan Tim gabungan juga berhasil mengamankan satu tersangka lainnya berinisial AH pada lokasi yang berbeda.

“Semula kita mengamankan tiga orang, dan dari hasil pengembangan, satu orang lainnya ditetapkan sebagai saksi, dan dua orang tersangka,” pungkasnya.

Adenan juga mengatakan bahwa, pihaknya bersama dengan seluruh Stakeholder terkait lainnya akan terus berupaya mengamankan perairan Karimun dalam upaya menekan angka peredaran narkotika, psikotropika dan prekursor (NPP) asal Malaysia.

“Kita akan terus berupaya menjalin kerjasama dengan instansi terkait lainnya, dalam upaya mencegah peredaran narkotika khususnya diwilayah hukum Polres Karimun,” tandasnya.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN