Tahun 2021, Kemendikbud Targetkan 1 Juta Guru Honorer Jadi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak

789
Foto CNN Indonesia

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan satu juta guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK). Nadiem menjamin guru yang lolos seleksi yang digelar tahun 2021 ini akan diangkat menjadi PPPK.

“Semua yang lulus akan dijamin menjadi guru PPPK hingga batas sampai dengan 1 juta guru,” ucap Nadiem dalam konferensi pers virtual, Senin (23/11/2020).

Mengenai kriteria yang dapat mengikuti seleksi ini, pemerintah membuka kesempatan untuk guru-guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik.

“Ini juga termasuk guru eks tenaga honorer kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya. Dan yang kedua adalah untuk kelulusan PPG yang saat ini tidak mengajar. Jadi dua-duanya boleh diberikan kesempatan di tahun 2021 untuk menghitung mengikuti tes seleksi ini,” ungkap Nadiem.

Seleksi massal ini akan dilakukan secara online pada tahun depan. Bagi yang lolos seleksi akan dijamin menjadi PPPK. Nadiem mengatakan dulu seleksi formasi guru PPPK dilakukan secara terbatas.

Menurutnya Nadiem, akibat skema terbatas ini banyak guru honorer yang mengantri untuk bisa menjadi PPPK.

“Berarti ini yang sangat penting, walaupun kami sudah membuka formasi sebesar dengan satu juta guru, yang akan menjadi PPPK adalah yang lulus seleksi. Jadi kalau lulus seleksi cuma sebagian dari itulah yang di tahun 2021 akan menjadi guru PPPK,” kata Nadiem.

Seperti diketahui, pemerintah bakal melakukan seleksi massal untuk untuk guru honorer menjadi PPPK pada tahun 2021.

Nadiem mengatakan seleksi tersebut bakal dilakukan secara daring atau online. “Di 2021, ditunggu untuk melakukan proses seleksi massal, dimana guru honorer bisa menunjukkan kelayakannya melalui tes online,” ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual, Selasa (17/11/2020).(*)

Sumber : Tribunnews.com

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel