Bawaslu Lingga Dorong Masyarakat Bersama RT dan RW Bangun Posko Pengawasan

387
Bawaslu Lingga Dorong Masyarakat Bangun Posko Pengawasan

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Bawaslu Lingga mendorong masyarakat di setiap lingkungan RT dan RW untuk membangun posko pengawasan terpadu pada masa tenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 diKabupaten Lingga.

“Kita mendorong dan mengapresiasi inisiatif masyarakat menciptakan gerakan membangun posko pengawasan di masa tenang. Hal semacam ini tentu akan sangat efektif dalam mencegah terjadinya pelanggaran Pilkada yang mana dapat merusak nilai demokrasi di daerah kita,” kata Ardhi Auliya, Anggota Bawaslu Kabupaten Lingga, saat dihubungi media, Jum’at (27/11/2020).

Menurut Ardhi, masa tenang Pemilihan memiliki potensi kerawanan pelanggaran yang cukup tinggi. Data pelangaran pada pilkada sebelumnya di banyak daerah menunjukkan kasus politik uang paling mendominasi.

Dengan gerakan membangun posko pengawasan terpadu, lanjutnya, hal itu akan jadi salah satu solusi mencegah pelanggaran politik uang.

“Gerakan seperti itu mencerminkan wujud kemajuan masyarakat dalam ikut mengawal pesta demokrasi di Kabupaten Lingga. Pilkada 2015 dan Pemilu 2019 banyak desa di kabupaten kita yang sudah membuat posko pengawasan. Tentu kita mengharapkan pilkada kali ini dapat diikuti oleh desa-desa lainnya,” tutupnya.(*)

Kiriman : Ravi Azhar

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO Combo Sakti Telkomsel