Hasil Polling WartaKepri.co.id, 64 Persen Masyarakat di Kepri Sudah Menentukan Pilihan di Pilkada Serentak 2020

4401
Hasil Poling Partisipasi Pemilih pada Pilkada Kepri 2020

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Untuk mengetahui seberapa jauh partisipasi calon pemilih pada Pilkada serentak Desember 2020, khususnya untuk Provinsi Kepri. Redaksi WartaKepri.co.id membuka Polling dengan Judul : Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri.

Polling digelar 10 hari tepatnya mulai 28 November 2020 dan berakhir 8 Desember 2020. Proses polling cukup sederhana, dimana seluruh pembaca WartaKepri berhak untuk menentukan pilihannya. Satu IP addres Handphone atau PC/Laptop dipastikan hanya bisa klik SATU pilihan.

Peserta Polling tidak menentukan tingkat umur dan pendidikan peserta polling. Namun, Redaksi memperkirakan peserta Polling adalah Pembaca WartaKepri.co.id yang berpendidikan, dan mengerti tentang kegunaan sebuah polling.

Adapun pertanyaan yang Redaksi WartaKepri berikan seputar apakah pembaca sudah ada calon yang akan dipilih atau tidak. Dan, berikut hasilnya yang Redaksi publikasi, Selasa (8/12/2020) malam:

A. Total pembaca ikut partisipasi Polling sebanyak 572 orang.

B. Berikut Hasil dan Presentase
1. Saya Sudah Ada Calon yang Dipilih :64 persen
2. Saya Belum Ada Calon yang Dipilih :11 persen
3. Saya Ragu Untuk Memilih Calon yang Mana :12 persen
4. Saya Golput :13 persen

C. Mengacu pada hasil polling di atas maka;
1. Pemilih yang sudah menentukan pilihan pada Pilkada Kepri 9 Desember 2020 mencapai 64 persen. Angka presentase 64 persen dapat dinilai minat masyarakat untuk Pilkada serentak masih dibawah target KPU RI yang menargetkan 77 persen.
Dan, apakah presentase ini akan mencerminkan hasil presentase diakhir pelaksanaan Pilkada Serentak di Kepri nantinya, menarik ditunggu hasilnya paska pemilihan 9 Desember 2020.

2. Jika digabungkan peserta polling yang belum ada calon yang dipilih 11 persen, peserta polling ragu untuk memilih calon yang mana 12 persen dan memilih Golput 13 didapat angka 36 Persen.

Dari hasil ini Redaksi berpendapat kalau proses sosialisasi dari pihak penyelenggara seperti KPU daerah, ditambah kampanye pasangan calon peserta Pilkada Kepri, baik kampanye dalam bentuk tatap muka, medsos dan media elektronik belum maksimal. Nilai 36 persen bisa berubah, jika peserta polling 12 persen yang ragu untuk memilih calon yang mana, pada hari pemilihan penentukan pilihan pada 9 Desember 2020.

Mengukutip dari sebuah media online, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pasang target 77,5% partisipasi publik di 270 daerah dalam Pilkada serentak Desember 2020 meskipun diselenggarakan saat pandemi covid-19.

“Target kita kali ini sama dengan sebelumnya (Pemilu 2019) 77,5% ya,” ungkap Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU RI, pada Juni 2020.

Untuk mencapai target tersebut, Arief mengatakan tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan pihaknya pada penyelenggaraan sebelumnya.

Namun, kali ini yang menjadi prioritas adalah kesehatan dan keselamatan baik pemilih, peserta maupun penyelenggara. Untuk meyakinkan masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya, KPU akan mendesain tata cara pelaksanaan pemilihan terkait protokol kesehatan. Pihaknya pun selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas. (*)

Tertanda
Dedy Suwadha
Pemimpin Redaksi
WartaKepri.co.id/ WartaKepri TV

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel