Detik Detik Tongkang Hantam Rumah di Tanjung Uma Batam, Hujan Tahun Baru 2021 Akibatkan Laut Batam Mengganas

PKP Online

WARTAKEPRI.co.id – Detik detik tongkang hantam rumah warga di Tanjungu Uma Batam beredar luas di media sosial. Hujan deras yang terjadi jelang pukul 12.00 WIB siang, pada Jumat (1/1/2021) memberikan cerita duka bagi masyarakat pesisir pantai. Hujan yang disertai angin mengakibatka air pasang laut yang cukup tinggi.

Selain Detik detik tongkang hantam rumah warga di Tanjungu Uma, kejadian sama juga dirasakan oleh warga Batumerah Batuampar. Dimana terjadi air pasang ini menyebabkan sebuah rumah milik warga di daerah Batumerah, Kecamatan Batuampar, ambruk ke laut akibat dihantam ombak. Video ambruknya rumah milik warga tersebut juga beredar luas di grup-grup WA.

“Lokasi kejadian di Batumerah,” kata salah seorang warga di dalam rekaman video tersebut.

Dalam rekaman juga terlihat kepanikan warga. Puluhan warga berlarian dari arah lokasi ambruknya rumah tersebut. Seorang warga terlihat berteriak-teriak agar warga mempercepat langkahnya menjauh dari lokasi kejadian.

Saat kejadian berlangsung hujan masih terlihat masih turun. Angin bertiup cukup kencang. Begitu juga dengan ombak masih beriak-riak tinggi. Air laut juga terlihat keruh.

Sementara diberitakan sebelumnya, akibat hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sebuah kapal tongkang hanyut dan menghantam pemukiman warga di kawasan Tanjunguma, Batam, Jumat (1/1/2021) siang. Dari video dan foto-foto yang beredar di grup-grup WA, Kapal tongkang dengan nama lambung Egility 1805 tersebut terlihat tanpa muatan.

DPW PKS Kepri Berikan Bantuan Sembako dan Uang Tunai di Tanjunguma Batam

Dari suara perekam menjelaskan, kapal tongkang tersebut sebelumnya berlabuh di perairan tersebut. Diduga akibat angin kencang dan ombak besar kapal terbawa arus dan kemudian mengarah ke arah pemukiman warga.

Kapal kemudian menghantam rumah warga yang mengakibatkan kerusakan parah terhadap rumah warga tersebut. Tak dijelaskan berapa banyak rumah warga yang kena.

“Warga sudah berlarian ke darat,” ujar perekam video tersebut.

Dari rekaman tersebut beberapa orang warga terlihat berada di dalam air. Diperkirakan warga yang ingin menyelamatkan barang-barang pribadi yang masuk ke dalam laut.

Dari rekaman tersebut lokasi kejadian tak jauh dari kawasan terpadu Harbour Bay, Batam. Bangunan-bangunan hotel di kawasan tersebut terlihat cukup jelas.

“Kejadian terjadi di kawasan Tanjunguma,” kata perekam video itu lagi.

Sementara itu, menurut saksi mata dan warga yang tinggal di sekitar kejadian, Raffles Pulo Siagian menjelaskan kejadian pasang naik di tahun baru ini dan menjadi musibah baru kali ini terjadi. Paska kejadian belum ada pihak memberi bantuan.

Mari doakan tidak ada korban jiwa, dan semoga ada gerakan cepat untuk saling membantu sesama. (*/qr/agus)

Video dan Foto Kiriman: Agus Ginting/WA Group

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel