Desa Jang Moro Karimun Resmi Kampung Bahari Nusantara, Ini Harapan Laksma TNI Indarto Budiarto

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kunjungan kerja perdana Danlantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto di wilayah Kabupaten Karimun dalam rangka pengembangan ekonomi maritim Indonesia, Jum’at (22/1/2020).

Salah satunya dengan meresmikan Kampung Bahari Nusantara, yang terletak di Desa Jang, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, bersama dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun.

Seusai meresmikan secara simbolis, sekaligus menandatangani prasasti, Danlantamal IV Laksma TNI Indarto Budiarto mengatakan bahwa, berdasarkan telegram dari Pangkoarmada I, nomor 6.140/ ARMA I/0821/ TWU. 0811.2041, tentang pelaksanaan Desa Bahari pada wilayah kerja masing-masing.

“Hal ini tentunya menjadi salah satu program sekaligus langkah guna melakukan pembinaan serta melestarikan potensi maritim, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun,” terang Indarto.

Sehingga menurutnya dapat membantu daerah bahari yang dapat dijadikan tempat wisata, sekaligus mampu menambah pendapatan bagi para nelayan yang dapat memanfaatkan hasil laut.

“Berupa rumput laut, ikan, dan sebagainya, sehingga mampu mensejahterakan para nelayan dan masyarakat pesisir,” ungkap Indarto.

BACA JUGA Menparekraf Nilai Jika Angka Covid Turun, Batam Border Tourism dan Gerbang Masuk Setelah Bali

Indarto menambahkan, dipilihnya Desa Jang sebagai Kampung Bahari Nusantara karena memenuhi beberapa kriteria. Program tersebut juga menjadi salah satu bagian tugas yang telah diemban oleh TNI AL, termasuk pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP), terutama membantu Pemerintah Daerah dalam hal mensejahterakan masyarakat.

“Diantaranya memenuhi fasilitas pariwisata, pendidikan, kesehatan, serta program ketahanan pangan yang dimiliki oleh Desa Jang tersebut,” tandasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi sekaligus menyambut baik program dari Angkatan Laut.

“Tentunya masyarakat Kabupaten Karimun beserta Pemerintah sangat senang dan menyambut baik dengan adanya program Kampung Bahari Nusantara yang telah diresmikan,” ujar Rafiq.

BACA JUGA Kunjungan Kerja Danlantamal, Pemkab Karimun Dukung Kembangkan Potensi Pariwisata Bahari

Dimana menurut Rafiq, penetapan Desa Jang menjadi Kampung Bahari Nusantara yang memiliki jumlah penduduk 2.028, dengan mayoritas profesi masyarakatnya sebagian nelayan.

“Melalui tahapan serta kajian terhadap 42 desa yang tersebar di Kabupaten Karimun, sehingga diharapkan akan menjadi motivasi bagi Pemerintahan Desa untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa Jang,” pungkasnya.(*)

Reporter Aziz Maulana

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel