Meski Terbatas Peralatan, Babinsa Bantu Warga Padamkan Api Kebakaran Lahan di Meral Karimun

131
Babinsa Bantu Warga Padamkan Api
Meski Terbatas Peralatan, Babinsa Bantu Warga Padamkan Api Kebakaran Lahan di Meral Karimun

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Babinsa Sungai Pasir Sertu Sutaswan yang tergabung pada Tim Satuan Tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), bersama warga ikut membantu memadamkan api dilahan perkebunan milik Basuki, warga Pasar Bukit RT. 06, RW 03, Kelurahan Sungai Pasir, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (2/3/2021).

Kebakaran terus meluas di lahan perkebunan milik Basuki ini. Sehingga, tim Satgas Karhutla dan masyarakat bahu membahu untuk memadamkan api diatas lahan seluas 1,5 hektar tersebut.

“Alhamdulillah, lahan perkebunan milik salah seorang warga dapat dipadamkan, dibantu satu unit kendaraan pemadam kebakaran milik Pemkab Karimun,” terang Babinsa Sungai Pasir Sertu Sutaswan.

BACA JUGA Lanal Karimun Kerahkan Truk Tangki Kapasitas 5 Ton Untuk Padamkan Api Kebakaran Lahan Gambut

Selain itu, menurutnya dengan menggunakan peralatan seadanya warga bahu membahu memadamkan Abi yang terus berkobar.

“Gerak cepat bersama instansi terkait lainnya dan warga dalam mencegah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla),” pungkasnya.

Meskipun sedikit terkendala dilapangan di karenakan lahan yang terbakar didominasi dengan lahan kering, dengan ranting pepohonan di lahan yang gersang dan tandus.

“Sehingga beberapa titik api yang jauh dari sumber air, dan kurangnya peralatan pemadamanya sedikit mengalami kesulitan,” ungkapnya.

Sutaswan meminta masyarakat agar dapat bekerjasama dengan tim terpadu pencegahan Karhutla Kabupaten Karimun, karena dampak yang ditimbulkannya merugikan banyak pihak, sekaligus mengimbau agar segara melaporkan kepada Tim Satgas, apabila terjadi karhutla diwilayah masing-masing.

“Sinergitas TNI-Polri dan Stakeholder terkait lainya yang tergabung Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Kabupaten Karimun yang berjibaku bersama-sama semaksimal mungkin,” tandasnya.

Reporter Aziz Maulana

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel