Begini Tradisi tahunan di Masjid Al-Aula Dabo Singkep Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Masjid AL AULA Dabo Singkep
GALERI 24

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Dalam menyabut masuknya bulan suci ramadan 1 syawal 1442 H, yang jatuh pada tanggal 13 april 2021 mendatang, masjid AL AULA Dabo Singkep menggelar syukuran atau selamatan bersama jema,ah dan masyarakat sekitarnya.

Syukuran yang biasa dilakukan Masjid AL AULA itu, merupakan kegiatan rutin pada setiap tahun menjelang masuknya bulan suci ramdhan.

Ketua masjid, H.Muhamad Ridwan mengatakan, masjid AL AULA yang terletak di tengah-tengah jantung kota Kecamatan Dabo Singkep itu sudah berusia cukup lama dan tertua di daerah tersebut. Kini sudah terlihat megah setelah dilakukan beberapa kali renovasi.

BACA JUGA: Kedua Kalinya Pemerintah Lingga Mendapat Penghargaan Dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kepri

“Syukuran dan doa bersama yang di gelar selepas sholat zuhur tersebut, kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh masjid AL AULA setiap tahunnya,” ujarnya, Minggu (28/3/2021).

Ridwan menjelaskan, syukuran Haul Jamak itu, adalah berdoa dan meminta supaya di dalam bulan ramadhan nanti bisa diberikan ke berkahan, sekaligus mendoakan para arwah atau orang tua-tua dahulu yang telah wafat.

“Selain kegiatan tersebut banyak lagi nanti kegiatan lainnya menjelang puasa maupun pada saat bulan puasa,di antaranya pihak masjid Aulla akan menyediakan makanan berupa kue-kue dan minuman dan lainnya untuk jemaah yang berbuka puasa.

“siapapun dan dari mana dia berasal dipersilakan, memang sudah di siapkan oleh panitia masjid makanan itu pada setiap harinya selama di bulan Ramadhan,” ungkapnya.

Dibeberkannya, dana yang didapati dari kegitan tersebut yakni sumbangan dari para jemaah masjid Aulla itu sendiri, masyarakat sekitar. Mereka bersama-sama mengeluarkan sedikit rezekinya di kumpulkan untuk dibuat la acara itu. Kalau nantinya ada kekurang maka pihak masjid akan membantu dari kekurangan dana tersebut.

“Kalau untuk jumblah anggota kepengurusan Masjid di AL Aula kurang lebih sekita 20 orang,”tutupnya.(ravi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News